nusabali

Honda Berjaya, Marquez Juara di MotoGP Ceko

  • www.nusabali.com-honda-berjaya-marquez-juara-di-motogp-ceko

Repsol Honda berjaya di MotoGP Ceko dengan Marc Marquez sebagai pemenang balapan.

BRONO, NusaBali

Marquez menggunguli rekan setimnya Dani Pedrosa, plus dua rider  Movistar Yamaha Maverick Vinales dan Valentino Rossi, di Sirkuit Brno, Minggu (6/8).

Keputusan brilian dari Marquez dengan mengganti motor lebih awal sukses membuatnya menjadi pemenang di seri ke 10 ini. Dengan kemenangan ketiganya musim ini atau kedua beruntun sejak Jerman bulan lalu, kini Marquez kokoh di puncak klasemen dengan 154 poin.

Juara dunia musim lalu itu unggul 14 angka dari Vinales di posisi kedua dengan 140 poin. Lalu Andrea Dovizioso di posisi ketiga dengan 133 poin, dan Valentino Rossi di posisi keempat dengan 132 poin, serta Pedrosa di posisi kelima dengan 123 poin.

Kemenangan Marquez tak lepas dari keputusan jeniusnya. Di awal balapan, Marquez menjadi yang terdepan dan Valentino Rossi yang start di posisi kedua harus puas turun ke posisi kelima. Para pembalap sejak awal memakai ban hard menyusul kemungkinan turunnya hujan.

Memasuki akhir lap kedua, Marquez mengganti motor karena kondisi lintasan yang mengering ketika pembalap lainnya masih saling mengejar di lintasan. Pada lap ketiga, Rossi mengambil alih pimpinan balapan dari Jorge Lorenzo.

Marquez akhirnya kembali menjadi di depan, usai para pembalap lainnya ikut mengganti motor. Sang juara bertahan melaju sendiri di posisi depan, disusul Aleix Espargaro dan Scott Redding.

Balapan yang menyisakan 13 lap lagi, Dani Pedrosa berhasil merebut posisi kedua. Sedangkan Rossi masih tertahan di peringkat 12, Lorenzo merosot ke posisi 19. Perlahan namun pasti, Rossi merangsek ke posisi enam ketika balapan tinggal menyisakan 8 putaran lagi. *

Komentar