nusabali

Kasad Buka SEA Judo Championship

Diramaikan 435 Atlet dari Sembilan Negara Asia Tenggara

  • www.nusabali.com-kasad-buka-sea-judo-championship

Kejuaraan ini dijadikan sebagai perayaan persatuan, persahabatan dan sikap saling menghormati. Pertemuan di Bali in juga melambangkan visi bersama untuk mempromosikan perdamaian.

DENPASAR, NusaBali
Kepala Staf TNI AD (Kasad) Jenderal TNI Maruli Simanjuntak membuka South East Asia (SEA) Judo Championship 2024 yang berlangsung selama tiga hari di GOR Yudomo Kepaon, Denpasar Selatan, Jumat (31/5) sore. 

Dalam kejuaraan pada 31 Mei hingga 2 Juni itu melibatkan sembilan negara di Asia Tenggara, yakni Thailand, Filipina, Vietnam, Laos, Brunei Darussalam, Kamboja, Singapura, Malaysia dan Indonesia sebagai tuan rumah. Total ada 435 pejudo terlibat dalam kejuaraan itu. dengan rincian 186 pejudo putra dan 159 putri. Kejuaraan mempertandingkan kelompok umum dari senior, junior dan kata.
 
Maruli Simanjuntak yang juga Ketua Umum PB PJSI mengapresiasi dan mengucapkan terima kasih kepada semua pihak atas dukungan dan komitmen terhadap olahraga judo. Dukungan itu membuat SEA Judo Championship berjalan, sehingga dapat berkumpul dalam semangat persahabatan dan kompetisi yang sehat. Bahkan, Maruli Simanjuntak mengaku integrasi atlet dari berbagai latar belakang, budaya dan negara menciptakan nuansa yang baik. 

"Kejuaraan ini bukan sekedar kompetisi, namun dapat juga dijadikan sebagai perayaan persatuan, persahabatan dan saling menghormati. Pertemuan kami di Bali melambangkan visi bersama untuk mempromosikan perdamaian dan toleransi melalui bahasa universal olahraga," kata Maruli.

Menurut Maruli, kejuaraan ini mewakili puncak kerja keras, disiplin dan dedikasi para atlet selama bertahun-tahun. Masing-masing atlet mewujudkan semangat sejati Judo. Cabang olahraga ini merupakan sebuah olahraga yang tidak hanya mengajarkan keunggulan fisik, tapi juga nilai-nilai rasa hormat, kerendahan hati dan ketekunan. 

"Saya memuji upaya tanpa henti dan semangat kalian dalam mengejar keunggulan. Saya juga ingin mengapresiasi kontribusi tak ternilai dari para pelatih dan official kami. Bimbingan keahlian dan dukungan anda yang tak tergoyahkan telah membentuk para atlet kami menjadi juara seperti sekarang ini," ujar Maruli.

Maruli yang mantan Pangdam IX/Udayana ini pun berharap para atlet dapat mengeluarkan terbaiknya dan menciptakan kenangan yang akan bertahan seumur hidup. Dia juga mengapresiasi atas dukungan yang tiada henti dan menjadi bagian peristiwa bersejarah. Dia mengajak

 setiap pertandingan, setiap bantingan dan setiap kemenangan sebagai langkah menuju persatuan dalam arti yang lebih besar. 

“Mari kita jadikan Indika Energy Southeast Asia Judo Championships 2024 sebagai contoh cemerlang tentang apa yang bisa kita capai melalui kerja sama, persahabatan dan semangat abadi Judo," pungkas Maruli Simandjutak.

Sementara itu, total perwakilan masing-masing negara, yakni Thailand 6 orang, Filipina 31 orang, Vietnam 89 orang, Laos 6 orang, Brunei Darussalam 2 orang, Kamboja 3 orang, Singapura 10 orang, Malaysia 53 orang dan Indonesia 145 orang.Dari Indonesia diwakili atlet Pelatnas dan atlet berbagai daerah. 

Beberapa daerah yang mengikuti, antara PJSI Bali, Banten, DI Yogyakarta, DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Kalimantan Selatan, Kalimantan Timur, Lampung, Papua Barat, Sulawesi Tenggara, Sumatera Selatan dan Sumatera Utara. Sedangkan dari 435 atlet itu belum termasuk wasit juri/kata, ofisial dan panitia. Jadi, total keseluruhan mencapai 600 orang.

Dalam acara pembukaan hadir pula President of the Southeast Asia Judo Federation (Presiden Persatuan Judo Asia Tenggara) Hassabodin Rojanachiva, Ketua Komite Olimpiade Nasional, Raja Sapta Oktohari, Deputi Bidang Pembudayaan Olahraga Kemenpora RI, Ketua Umum KONI Pusat, Pangdam IX/Udayana, Para Pengurus Besar PJSI, Ketua Panitia Penyelenggara, serta undangan lainnya. dar

Komentar