nusabali

70 Panwas Desa/Kelurahan Siap Diterjunkan di Pilkada

Dilantik di Hari Lahir Pancasila

  • www.nusabali.com-70-panwas-desakelurahan-siap-diterjunkan-di-pilkada

Dalam pelaksanaan pemilihan nanti tidak tertutup Pengawas Pemilihan mendapatkan intervensi, intimidasi dan godaan-godaan lain yang dapat mengganggu integritas

GIANYAR, NusaBali
Bawaslu Kabupaten Gianyar melantik 70 Panitia Pengawas Pemilu Desa/Kelurahan untuk Pilkada Serentak 2024 bertepatan dengan Hari Lahirnya Pancasila, di Kawasan Ubud, Gianyar, Sabtu (1/6). Mereka siap diterjunkan di Pilkada Serentak yang akan digelar 27 November 2024 mendatang.

Ketua Bawaslu Kabupaten Gianyar, I Wayan Hartawan meminta Panwas Kelurahan/Desa agar dalam menjalankan tugasnya berpegangan teguh dengan prinsip SIMP (Soliditas, Integritas, Mentalitas dan Profesional). Hal tersebut merupakan modal terbaik dalam menjalankan tugas. 

“Rekan-rekan saya harapkan kalian dalam menjalankan tugas harus perpegangan dengan SIMP. SIMP itu sangat diperlukan ketika menjalankan tugas dan wewenang di lapangan yang harus dijunjung tinggi oleh petugas pengawas Pemilihan demi terwujudnya Pemilihan yang demokratis jujur adil dan berintegritas,” tegas Hartawan.

Lebih lanjut ditegaskan Hartawan, integritas selaku pengawas di tingkat desa/kelurahan menjadi tantangan tersendiri, karena dalam pelaksanaan pemilihan nanti tidak tertutup Pengawas Pemilihan mendapatkan intervensi, intimidasi dan godaan-godaan lain yang dapat mengganggu integritas. “Selaku pengawas, jadi kita harus memiliki soliditas internal dan soliditas eksternal dengan pihak-pihak terkait di wilayah kerja,” ujar Hartawan.

Sementara Kepala Kesbangpol Kabupaten Gianyar, I Dewa Gede Putra Amarta menyampaikan 70 Panwas Desa/Kelurahan bakal memikul beban tugas yang tidak ringan. Panwas Desa/Kelurahan dalam menjalankan tugasnya akan berhadapan dengan dinamika masyarakat yang sudah semakin kritis. “Tugas dalam melakukan pengawasan atas jalannya pemilihan bukanlah tugas yang ringan.  

Di satu sisi saudara-saudara akan berhadapan langsung dengan dinamika masyarakat yang sudah semakin kritis,dan semua persoalan-persoalan yang muncul mau tidak mau harus dapat disikapi, ditindaklanjuti dan diselesaikan dengan baik,” ujar Putra Amarta.n nvi

Komentar