nusabali

Kadek Anggi Raih Dua Emas Kempo Porjar

  • www.nusabali.com-kadek-anggi-raih-dua-emas-kempo-porjar

GIANYAR, NusaBali - Atlet kempo Gianyar Kadek Anggi Maura Cipta Dewi Darmana, 14, meraih dua medali emas dalam Porjar Bali 2024, di GOR Lila Bhuana Denpasar, 3-5 Juni 2024. Pelajar SMPN 1 Sukawati ini meraih emas, masing-masing di nomor randori (tarung bebas) putri SMP kelas 45 Kg dan nomor Embu (kerapihan teknik) tandoku Putri SMP Kyu II/III.

Pelatih Kempo Gianyar, I Kadek Pasek Putra Jaya saat dikonfirmasi pada Sabtu (8/6) mengatakan, prestasi Anggi sangat membanggakan pada usianya yang masih belia. 

"Tentu ini awal yang sangat baik bagi Anggi untuk dipersiapkan ke level daerah maupun nasional," ujar Pasek Putra Jaya. 

Porjar Bali kali ini kesempatan kedua bagi Anggi. Sebab sebelumnya pada Porjar Bali 2023 Anggi harus puas dengan perunggu di nomor Embu. Saat itu Anggi masih pelajar SD.  

Sedangkan pada Porjar 2024 kali ini menjadi kali pertama Anggi turun di nomor randori karena dari segi aturan nomor tersebut hanya bisa diikuti mulai tingkat SMP ke atas. 

"Dan berkat kedisiplinannya dia langsung meraih Emas," kata Pasek Putra, yang asal Banjar Puaya, Desa Batuan, Sukawati.
  
Sebelum melenggang ke Porjar Provinsi, Anggi lolos seleksi melalui Porjar Kabupaten Gianyar. Anggi menjadi yang terbaik di nomor tersebut pada tingkat kabupaten. 

Secara keseluruhan tim shorinji kempo Gianyar meraih 9 emas, 3 Perak, 7 perunggu. Torehan ini sekaligus menjadikan Cabor Kempo Gianyar menjadi runner up setelah Kota Denpasar. 

Dikonfirmasi terpisah, orangtua Anggi merasa bangga atas usaha dan kerja keras putrinya. Ketertarikan Anggi pada cabang olahraga bela diri ini memang niatnya sejak kecil. "Cita-citanya mau jadi Polwan," ujar I Wayan Darmana. 

Dalam segala hal, kata Darmana, Anggi memang dikenal sebagai anak yang totalitas. Dia juga hobi menari, dan sering juara. Ikut kempo juga tidak setengah-setengah. Menurutnya, Anggi sangat rajin berlatih, semangat dan disiplin. 

Sebagai orangtua, Darmana senantiasa mendukung. Lebih-lebih ibundanya Ni Nyoman Purwaningsih semasa muda juga seorang atlet Kempo. 

"Jadi di rumah, Anggi juga sering ngobrol teknik sama ibunya," jelas ungkap Darmana yang Ketua BPD Desa Batuan.nvi

Komentar