nusabali

Hujan, Dahan Pohon Tumbang di Jalan Sudirman

  • www.nusabali.com-hujan-dahan-pohon-tumbang-di-jalan-sudirman

NEGARA, NusaBali - Dahan sebuah pohon perindang di Jalan Jenderal Sudirman, Kelurahan Dauhwaru, Kecamatan Jembrana, Jembrana, tumbang, Minggu (2/6) pagi. Dahan pohon Asam Kranji ini patah karena dibebani guyuran hujan dan kondisi dahan yang sudah lapuk.

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (Kalaksa BPBD) Jembrana I Putu Agus Artana mengatakan, kejadian dahan pohon tumbang itu terjadi pada sekitar pukul 08.00 Wita. Dahan pohon yang tumbang atau patah itu adalah jenis pohon Asam Kranji dengan panjang sekitar 5 meter dan diameter sekitar 15 centimeter.

"Kejadiannya pas sempat hujan. Namun selain hujan, kondisi dahan pohonnya juga sudah lapuk. Makanya tadi anggota yang ke lapangan juga sekalian memangkas beberapa dahan pohon itu," ujar Agus Artana. 

Beruntung tidak ada korban luka maupun jiwa dalam kejadian tersebut. Biasanya di bawah  pohon yang berlokasi di depan toko UD Puspa itu kerap dijadikan tempat parkir mobil pengunjung. Namun saat kejadian itu kebetulan sedang sepi. "Tidak ada korban," ucap Agus Artana. 

Setelah menerima laporan, jajaranya langsung turun melakukan pembersihan ke lokasi. Pihaknya pun mengimbau warga mewaspadai potensi perubahan cuaca secara tiba-tiba dan selalu berhati-hati di jalan. 

Sementara itu, di Jembrana terutama titk-titk pinggir jalan raya masih banyak terdapat pohon yang dahannya rentan tumbang terutama saat hujan lebat. Oleh karena itu, petugas mengimbau kepada masyarakat untuk waspada, antara lain, dengan cara memangkas dahan pohon. Pertugas juga menyarankan kepada warga agar minta bantuan kepada dinas terkait jika akan memangkas dahan pohon ukuran besar dan membahayakan.7ode

Komentar