nusabali

STY Tak Risaukan Hasil Imbang

Pergantian 10 Pemain, Indonesia Ditahan Tanzania

  • www.nusabali.com-sty-tak-risaukan-hasil-imbang

Laga kali ini memang untuk mengembalikan kondisi fisik pemain setelah libur musim kompetisi. Saya juga akan mengevaluasi performa para pemain, termasuk soal sentuhan bola yang kurang dan komunikasi.

JAKARTA, NusaBali
Pelatih tim nasional Indonesia Shin Tae-yong (STY) tak merisaukan hasil imbang tanpa gol antara Garuda kontra Tanzania, dalam pertandingan latihan di Stadion Madya, Jakarta, Minggu (2/6). STY kembali menegaskan laga kali ini memang untuk mengembalikan kondisi fisik pemain setelah libur musim kompetisi.

"Saya juga akan mengevaluasi performa para pemain di laga tadi, termasuk soal sentuhan bola yang kurang dan komunikasi juga," kata STY, dalam konferensi pers usai pertandingan.

Pelatih asal Korea Selatan itu hampir menggunakan semua jatah pergantian pemain dengan melakukan sepuluh pergantian pemain sepanjang pertandingan. STY juga mengubah nomor punggung pemain agar tidak memudahkan calon lawan di Kualifikasi Piala Dunia 2026 mudah melakukan analisa.

Lebih jauh, jelang menghadapi Irak pada Kamis (6/6) dan Filipina pada Selasa (11/6) dalam lanjutan pertandingan Kualifikasi Piala Dunia 2026, STY mengaku kondisi para pemain masih merasakan capek dan performa pada ujicoba kali ini masih kurang. 

Namun STY mengatakan, meski menghadapi Irak yang menurutnya sebagai tim terbaik di grup, dia tetap akan memaksimalkan skema permainan dan faktor bermain di kandang dengan dukungan suporter.

"Performa pertandingan memang masih kurang, tetapi dengan selesai laga ini pastinya akan meningkat cepat dan baik. Apalagi istirahat seharian, dan tanggal empat dan lima itu baru masuk periode penyesuaian kondisi, saya akan mempersiapkan tim lebih baik," ujar STY.

"Irak tim terbaik di grup kita, skuad mereka sangat bagus, bukan lawan mudah bagi kami, tetapi ini laga kandang, jadi saya akan memaksimalkan semuanya agar di laga nanti dapat hasil baik," kata STY.

Dalam laga Indonesia-Tanzania, kedua tim bermain terbuka, dan sebenarnya Indonesia lebih sering menciptakan peluang, namun tak ada yang berbuah gol. Bahkan STY hampir menggunakan semua jatah pergantian pemain dengan melakukan 10 pergantian.

STY memutuskan melakukan penyegaran dengan pergantian pemain. Yakni, Ernando Ari, Asnawi Mangkualam, Shayne Pattynama dan Ivar Jenner digantikan Muhammad Adi Satryo, Muhammad Ferrari, Pratama Arhan serta Ricky Kambuaya. 

Setelah itu, STY juga kembali melakukan pergantian pemain. Kali ini Nathan Tjoe-A-On, Egy Maulana Vikri dan Dimas Drajad menggantikan Thom Haye, Rafael Struick dan Ragnar Oratmangoen.  Lalu Jordi Amat, Sandy Walsh dan Marselino Ferdinan digantikan Justin Hubner, Yakob Sayuri serta Malik Risaldi. ant

Susunan Pemain Indonesia:
Indonesia (3-4-3): Ernando Ari (Muhammad Adi Satryo); Rizky Ridho, Jordi Amat (Justin Hubner), Sandy Walsh (Yakob Sayuri); Shayne Pattynama (Pratama Arhan), Ivar Jenner (Ricky Kambuaya), Thom Haye (Nathan Tjoe-A-On), Asnawi Mangkualam (Muhammad Ferrari); Marselino Ferdinan (Malik Risaldi), Rafael Struick (Dimas Drajad), Ragnar Oratmangoen (Egy Maulana Vikri).

Komentar