nusabali

Lagi, Dortmund Ulangi Memori Pahit Wembley

  • www.nusabali.com-lagi-dortmund-ulangi-memori-pahit-wembley

LONDON, NusaBali - Tim Bundesliga Borussia Dortmund kembali mengulang memori pahit di Stadion Wembley, London, Minggu (2/6) dinihari Wita.

Ya, pada tahun 2013, Dortmund kalah dalam laga final Liga Champions di Wembley. Saat itu Dortmund dikalahkan rival utamanya sesame tim Jerman, Bayern Muenchen, 2-1. Dan, 11 tahun berselang, di tempat yang sama, memori pahit itu terulang kembali. 

Dortmund kalah 0-2 dari Real Madrid di final Liga Champions 2023/2024, di Wembley, Minggu (2/6) dinihari Wita. Dortmund takluk oleh gol Dani Carvajal dan Vinicius Junior. Dortmund, juga Marco Reus, lagi-lagi kalah dalam final Liga Champions di Wembley.

Tahun ini jadi final Liga Champions ketiga Dortmund, setelah dua final pada 1996/1997dan 2012/2013. Pada 1996/1997, Dortmund melibas Juventus 3-1 di [artai final di Olympiastadion, Munchen. Dortmund meraih gelar Liga Champions pertama, sekaligus satu-satunya hingga sekarang.

Pada 2012/2013, Dortmund sukses mencapai final kedua mereka. Waktu itu, lawannya adalah sesama tim Jerman yang merupakan rival klasik di Bundesliga, yakni Bayern Munchen. Saat itu, Dortmund dilatih Jurgen Klopp. 

Kiper Borussia Dortmund, Gregor Kobel menyebutkan Die Borussien tidak perlu berkecil hati meski kalah di partai final dari madrid. Namun Kobel mengakui kekalahan ini menyisakan kekecewaan mendalam bagi skuat Die Borussien. 

Kobel menyebut Dortmund bermain dengan bagus. Namun dia menyayangkan timnya gagal memaksimalkan peluang yang ada sehingga akhirnya kalah.

"Kami menunjukkan permainan yang hebat. Saya rasa, kami pantas mendapatkan yang lebih dari sekadar kalah 0-2," kata pelatih Dortmund, Edin Terzic.

Dari detik pertama, kata Terzic, timnya menunjukkan kepada seluruh dunia bukan cuma memainkan laga final, tapi untuk memenanginya. “Kami punya banyak peluang, tapi Madrid beraksi dengan 'dingin' di saat yang tepat, dan itulah yang tak kami miliki hari ini," kata Terzic. *

Komentar