nusabali

Adi Arnawa Rapat dengan Direksi Perumda Air Minum Tirta Mangutama

  • www.nusabali.com-adi-arnawa-rapat-dengan-direksi-perumda-air-minum-tirta-mangutama

MANGUPURA, NusaBali - Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Badung I Wayan Adi Arnawa menggelar rapat dengan jajaran Direksi Perusahaan Umum Daerah (Perumda) Air Minum Tirta Mangutama di Puspem Badung, Senin (3/6).

Rapat ini digelar untuk menindaklanjuti permasalahan kekurangan air bersih di daerah Badung Selatan.

Turut hadir anggota Dewan Pengawas Perumda Air Minum Tirta Mangutama I Made Agus Arsana dan I Ketut Gede Sunarta, dan Perwakilan Bagian Perekonomian Setda Kabupaten Badung.

Dalam rapat tersebut terungkap, permasalahan utama kurangnya air di daerah Badung Selatan disebabkan karena tidak terpenuhinya penyaluran air karena infrastruktur penyaluran air yang belum memadai. Kebutuhan air di daerah Badung Selatan sekitar 2.000 liter per detik, namun baru bisa tersedia 900 liter per detik.

Terungkap pula dalam rapat, solusi yang akan diambil yakni menambah pompa air di IPA Estuary dan Tegeh Sari, menambah resevoir/tempat penyimpanan air serta memasang pipa transmisi dari IPA Estuary ke UPA Siligita Nusa Dua yang akan diselesaikan Juli mendatang. Diperkirakan akan ada tambahan suplai air sekitar 70 liter per detik.

“Saya meminta kepada Direksi dan jajarannya untuk tidak main-main, tidak sekedar wacana-wacana, tetapi harus melakukan aksi atau langkah-langkah serta progres yang jelas untuk menyelesaikan permasalahan air ini,” tegas Adi Arnawa.

Sedangkan untuk jangka menengah yang akan dilakukan, di antaranya dengan pembaharuan dan perbaikan jaringan-jaringan yang ada di wilayah Badung Selatan tersebut. Penyelesaian masalah ini bukan hanya penyelesaian sementara saja, tapi untuk menuntaskan permasalahan air yang ada di daerah tersebut, agar tidak lagi daerah Badung Selatan kekurangan air.

Dengan masifnya pembangunan yang ada di daerah Badung Selatan, seiring dengan masifnya kunjungan wisatawan, diharapkan Perumda Air Minum Tirta Mangutama tidak kalah cepatnya untuk menyiapkan infrastruktur pemenuhan kebutuhan air di daerah tersebut. “Siapapun pihak swasta yang berminat untuk kerja sama dengan Perumda Air Minum Tirta Mangutama, silahkan, tetapi pastikan bisa memenuhi kebutuhan air di Badung Selatan,” pesan Adi Arnawa. @ ind

Komentar