nusabali

Dinas PKP Bangli Cek Jaringan Irigasi

  • www.nusabali.com-dinas-pkp-bangli-cek-jaringan-irigasi

BANGLI, NusaBali - Beberapa hari belakang ini, Bangli diguyur hujan lebat. Guna mengantisipasi jaringan irigasi tersumbat, petugas Dinas Pertanian Ketahan Pangan dan Perikanan (PKP) Bangli mengecek jaringan ke sejumlah subak.

Kabid Sarpras dan Pemasaran Ida I Dewa Ayu Mas Mahyuni, mengatakan pihaknya melakukan pengecekan kondisi jaringan irigasi pada Senin (3/6). Sasaran kali Subak Palak, Kelurahan Bebalang, Bangli. Pengecekan  ini rutin, terlebih lagi saat hujan. Hal ini dilakukan untuk antisipasi jaringan tersumbat. 

"Pengecekan lapangn kami lakukan juga untuk identifikasi sebagai persiapan kegiatan rehabilitasi jaringan irigasintersier (RJIT) di tahun yang akan datang," jelasnya. 

Kata dia, tahun ini dari APBN tidak ada alokasi untuk RJIT. Bangli memiliki panjang jaringan tersier 265.351 meter, dengan kondisi baik 132.539 meter, serta rusak 122.810 meter. Untuk perbaikan, Ayu Mas menyampaikan untuk yang rusak ringan diharapkan ada partisipasi dari anggota subak dengan gotong royong. 

Pihaknya telah berkoordinasi dengan desa melalui PPL wilayah binaan agar difasilitasi rehab melalui dana desa. Irigasi rusak berat penangannya diusulkan melalui pengajuan proposal baik melalui APBD, BKK, APBN (e-proposal). "Kami perjuangkan slot alokasi saat musrenbangnas dengan pusat," sebutnya.7esa

Komentar