nusabali

Bangli Ikuti 20 Cabor di Porjar Bali

  • www.nusabali.com-bangli-ikuti-20-cabor-di-porjar-bali

BANGLI, NusaBali - Bupati Bangli Sang Nyoman Sedana Arta melepas kontingen Bangli, akan mengikuti 20 cabang olahraga (cabor) dalam Porjar Bali 2024 di Denpasar. Pelepasan di halaman kantor Bupati Bangli, Senin (3/6) pagi.

Kepala Disdikpora Bangli, I Komang Pariarta mengatakan, pelaksanaan Porjar Bali ada tiga klasifikasi, yakni bersifat resmi, pendanaan gotong royong dan klasifikasi pendanaan murni. 
Dijelaskan Pariarta, jika klasifikasi resmi artinya dibiayai penuh provinsi. Sedangkan gotong royong pembiayaannya dari provinsi dan kabupaten, serta Porjar murni pembiayaan dari masing-masing cabor.

Dalam klasifikasi resmi, Bangli mengikuti 7 dari 8 Cabor, yakni Bola Basket, Bola Voli, Bulutangkis, Pencak Silat, Tenis Lapangan, Tinju dan Sepak Takraw.

Sedangkan klasifikasi gotong royong, Bangli mengikuti 7 dari 13 jenis cabor, diantaranya atletik, judo, karate, shorinji kempo, taekwondo, tarung derajat, renang. Sedangkan klasifikasi murni, mengikuti 6 dari 9 cabor, yakni dance sport, tenis meja, petanque, selam, woodball, dan catur. 

"Kontingen Bangli dalam Porjar 2024 berkekuatan 336 orang, yang terdiri dari 210 atlet. Lalu pelatih dan ofisial 55 orang yang pendanaannya dari kabupaten. Untuk Porjar 2024, anggaran kegiatan yang dibebankan pada APBD senilai Rp 710 juta lebih," jelas Pariarta. 

Menurut Pariarta, Porjar ini sangat penting bagi para pelajar di Bangli. Sebab ajang ini salah satu cara menjaring bibit unggul atlet masing-masing kabupaten agar berprestasi di ajang yang lebih tinggi, baik dalam nasional maupun internasional.

"Kami dari panitia penyelenggara Porjar Bangli berharap para atlet muda ini bisa mendulang prestasi yang maksimal, bahkan meningkat dari sebelumnya. Melalui kegiatan ini pula, kami juga berharap bisa menjadi inspirasi bagi anak-anak lain untuk ikut serta berprestasi di bidang olahraga," sebut Komang Pariarta. 7esa.

Komentar