nusabali

Dinas LHK Denpasar Target Uji Emisi 2.000 Kendaraan

  • www.nusabali.com-dinas-lhk-denpasar-target-uji-emisi-2000-kendaraan

DENPASAR, NusaBali - Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (LHK) Kota Denpasar menargetkan bisa melakukan uji emisi untuk 2.000 kendaraan. Uji emisi ini untuk mengurangi polusi udara yang ditimbulkan dari asap kendaraan bermotor.

Hal itu dikemukakan Kabid Pengendalian Pencemaran dan Kerusakan Lingkungan Dinas LHK Dewa Gede Oka Adhi Saputra saat uji emisi di pelataran Pasar Badung, di Jalan Gajah Mada, Denpasar, Selasa (4/6). Pada uji emisi tersebut satu per satu kendaraan yang masuk ke Pasar Badung diarahkan untuk mengikuti uji emisi.

Kata Dewa Oka, uji emisi ini digelar sekaligus untuk memperingati Hari Lingkungan Hidup Sedunia yang jatuh pada 5 Juni 2024. Pelaksanaan di Pasar Badung ini merupakan yang keempat. Pihaknya menyasar lokasi yang memang ramai dikunjungi warga.

Sebelumnya, pihaknya telah melakukan uji emisi di Graha Sewakadharma Lumintang, selanjutnya dua kali digelar di Mal Living World. “Kami tak hanya menyasar roda empat, tapi juga roda dua dan semua kendaraan bermotor,” ucap Dewa Oka.

Pada pelaksanaan uji emisi ini, pihaknya menargetkan sebanyak 2.000 kendaraan. Akan tetapi selama empat hari pelaksanaan baru mencapai 450 kendaraan. “Dari pengujian tersebut, kami temukan ada 5 kendaraan yang tidak lolos uji emisi atau 0,4 persennya,” ujarnya.

Terkait kendaraan yang tidak lolos uji emisi ini, pihaknya meminta pemilik untuk melakukan service berkala terhadap kendaraannya. Untuk nilai ambang batas ini disesuaikan berdasarkan Permen LHK Nomor 8 Tahun 2023. Pihaknya pun mengimbau kepada pemilik kendaraan untuk selalu melakukan perawatan berkala sehingga mengurangi pencemaran udara.

Untuk kendaraan yang dinyatakan lolos uji emisi, kemudian ditempeli stiker oleh petugas. “Selain itu, gunakan bahan bakar ramah lingkungan, hindari penggunaan mesin dengan putaran tinggi, dan periksa emisi kendaraan bermotor di bengkel,” imbuh Dewa Oka.

Sementara itu, untuk mencapai target 2.000 kendaraan uji emisi, pihaknya mengaku bekerja sama dengan masing-masing dealer. Selain itu, pihaknya juga melakukan kerja sama dengan bengkel resmi. “Saat melakukan perawatan berkala, juga nanti dilakukan uji emisi di dealer atau pun di bengkel tersebut,” tandas Dewa Oka. 7 mis

Komentar