nusabali

3.257 Guru SD di Karangasem Jalani Penilaian e-Kinerja

  • www.nusabali.com-3257-guru-sd-di-karangasem-jalani-penilaian-e-kinerja

AMLAPURA, NusaBali - 3.257 guru SD (Sekolah Dasar) tengah menjalani penilaian e-kinerja yang merupakan implementasi dari PMM (Platform Merdeka Mengajar). Guru jenjang SD dinilai kepala sekolah dan kepala sekolah dinilai pengawas SD.

"Penilaiannya sejak Februari 2024. Diawali upload RPP (Rencana Pelaksanaan Pembelajaran), selanjutnya Maret 2024 semua guru diobservasi kepala sekolah. Kemudian melakukan refleksi hingga Juni 2024 berlanjut upload data di PMM, sebanyak 32 point," jelas Kasek SDN 4 Subagan Ni Wayan Sri Widiantari di sela-sela memberikan penilaian kepada 10 guru di SDN 4 Subagan, Jalan Ahmad Yani, Amlapura, Selasa (4/6).

Tujuan penilaian e-kinerja, lanjut Widiantari, untuk pengembangan kompetensi guru. Hanya saja kendalanya saat melakukan observasi, yakni siswa kurang aktif. "Ini penilaian yang pertama. Tahun depan optimis akan lebih baik," jelas Widiantari.

Salah satu guru SDN 4 Subagan, Ni Putu Dewi Suastini guru kelas V mengatakan, 32 point yang diobservasi tentang praktik pembelajaran. "Isi 32 point itu, diisi dengan ikut webinar, diklat, melakukan pelatihan mandiri, menyusun konten unggulan, ikut seminar dan aksi nyata, Intinya dari semua kegiatan itu agar terpenuhi dapat 32 point," jelas Suastini.

Pemberlakuan e-kinerja, telah diatur dalam Surat Edaran bersama, BKN dan Menteri Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi, Nomor 17 tahun 2023, dan Nomor 9 tahun 2023 tentang Sistem Informasi Pengelolaan Kinerja Aparatur Sipil Negara Guru.

Di samping itu diatur dalam regulasi Permenpan RB Nomor : 6 Tahun 2022 tentang Pengelolaan Kinerja Pegawai Aparatur Sipil Negara dan Permenpan RB Nomor 1 Tahun 2023 tentang Jabatan Fungsional.

Kasek SDN 4 Padangkerta I Wayan Sarja juga mengaku tengah melakukan penilaian e-kinerja menyasar 10 guru. Sedangkan, Kasek SDN 4 Padangkerta sendiri dinilai petugas pengawas SD Komang Suardani.

"Secara teknis tidak ada kendala di sini selama observasi, lancar-lancar saja," jelas I Wayan Sarja.

Kepala Bidang SD Disdikpora Karangasem I Gusti Bagus Jaya Arsana juga mengatakan, tidak ada kendala selama tahapan penilaian e-kinerja. "Sebab jauh sebelumnya disosialisasikan, dan semua sekolah telah terakses internet," katanya.

Disebutkan, dari 3.257 guru SD yang telah mengikuti penilaian e-kinerja, berasal dari delapan kecamatan, yakni Kecamatan Rendang 268 guru, Sidemen 243 guru, Manggis 381 guru, Karangasem 661 guru, Abang 503 guru, Bebandem 353 guru, Selat 316 guru, dan Kubu 532 guru.7k16

Komentar