nusabali

Siswa SMPN 4 Singaraja Raih Juara 2 Nasional Lomba Biologi

  • www.nusabali.com-siswa-smpn-4-singaraja-raih-juara-2-nasional-lomba-biologi

SINGARAJA, NusaBali - Putu Kaesa Prabandari, siswa SMPN 4 Singaraja berhasil menyabet juara 2 pada Gema Lomba Biologi (GLB) tingkat nasional tahun 2024. Meski harus puas di posisi kedua, Kaesa berhasil menyisihkan puluhan lawan hebatnya dari SMP beberapa provinsi di Indonesia.

Ajang bergengsi ini digelar Himpunan Mahasiswa Jurusan Biologi dan Perikanan Kelautan Universitas Pendidikan Ganesha (Undiksha) Singaraja, Senin (3/6) lalu. Kaesa dalam ajang ini mengikuti tiga tahap babak penyisihan dan semifinal diselenggarakan secara daring. Sedangkan babak final digelar luring langsung di Kampus Undiksha.

Perjalanan Kaesa meraih prestasi tersebut sangat mulus. Pada babak penyisihan dan semifinal Kaesa berhasil menuntaskan seluruh soal dengan sempurna. Bahkan di babak semifinal dia berada pada posisi teratas. Lalu dia bersama 10 finalis lainnya hadir langsung di Undiksha untuk menyelesaikan babak final.
 
Kaesa dan peserta lainnya tidak hanya menyelesaikan tes tulis, tetapi juga praktikum yang berkaitan dengan ilmu biologi. Hasil akhir panitia mengumumkan Kaesa menjadi Juara II dan mengaku kehebatan lawannya dari SMPN 1 Wates dan di peringkat 3 siswa asal SMPN 1 Negara, Jembrana.
 
Kepala SMPN 4 Singaraja Putu Budiastana dihubungi Selasa (4/6) kemarin mengatakan prestasi yang diraih Kaesa adalah buah perjuangan yang dilakukan selama ini. Perjuangan siswa menurutnya, tidak lepas dari pembinaan guru pembina dan juga dukungan dari orangtua.

“Sekolah selama ini memfasilitasi pembinaan anak-anak melalui kelompok penggemar mata pelajaran. Harapannya prestasi yang diraih saat ini berkelanjutan. Ini juga salah satu upaya sekolah memberikan wadah anak-anak berkegiatan positif,” ungkap Budiastana.

Sementara itu, pembinaan berkesinambungan juga terus digenjot tidak hanya untuk meraih prestasi tetapi menyiapkan anak didik menuju generasi Indonesia Emas 2045. Anak didik diberikan penguatan karakter dan prinsip hidup yang baik dan benar agar siap berkompetisi di kancah yang lebih tinggi.7 k23

Komentar