nusabali

Harga Bawang Merah, Cabai Merah dan Gula Naik

  • www.nusabali.com-harga-bawang-merah-cabai-merah-dan-gula-naik

JAKARTA, NusaBali - Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat bawang merah, cabai merah, dan gula pasir menjadi bahan pokok yang kenaikan harganya sedang dipantau di awal Juni 2024.

Deputi Bidang Statistika Distribusi dan jasa BPS Pudji Ismartini menyebutkan untuk komoditas bawang merah secara rata-rata nasional sebesar Rp 49.102 per kilogram. Angka ini naik sebesar 7,84 persen dibandingkan pada April 2024.

“Bawang merah sampai dengan minggu awal Juni naik sebesar 7,84 persen dibandingkan pada April 2024 dan ini tercatat masih menjadi andil dalam inflasi bulan kemarin,” ujarnya dalam rapat koordinasi inflasi yang disiarkan secara virtual, seperti dilansir kompas.com, Selasa (4/6).

Pudji bilang ada sebanyak 275 kota dan kabupaten atau 76 persen wilayah yang mengalami kenaikan harga bawang merah.

Kemudian untuk komoditas cabai merah juga mengalami kenaikan harga menjadi Rp 49.929 atau naik 6,74 persen jika dibandingkan bulan lalu.

BPS mencatat ada sebanyak 68,89 persen kota dan kabupaten di Tanah Air yang harga cabai merahnya naik.

Selanjutnya untuk komoditas gula juga mengalami kenaikan harga sebesar Rp 18.816 per kilogram atau naik sebesar 1,76 persen dibandingkan bulan lalu.

Jumlah kota dan kabupaten di Tanah Air yang mengalami kenaikan harga gula pasir terus bertambah yang mencapai 53,61 persen dari total wilayah di Indonesia.

Pun dengan bawang putih yang harganya naik sebesar Rp 44.404 per kilogram atau 1,35 persen jika dibandingkan periode bulan yang lalu.

“Namun jumlah kota atau kabupaten yang mengalami kenaikan (harga) bawang putih terus turun yang saat ini mencapai 178 atau 49,44 persen dari jumlah wilayah atau kota di Indonesia,” ungkapnya.

Selain itu ada juga komoditas pangan yang mengalami penurunan harga yakni telur ayam ras dan beras.

Pudji menyebutkan untuk telur ayam ras mulai turun sebesar 0,54 persen dibandingkan bulan yang lalu dan harga beras juga turun sebesar 2,58 persen dibandingkan periode bulan yang lalu.7

Komentar