nusabali

Jelang PPDB, Daya Tampung SMP Cukup

  • www.nusabali.com-jelang-ppdb-daya-tampung-smp-cukup

MANGUPURA, NusaBali - Kabupaten Badung bersiap untuk melaksanakan Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) tahun ajaran 2024/2025. Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Badung I Gusti Made Dwipayana pun memastikan Sekolah Menengah Pertama (SMP) baik negeri maupun swasta cukup menampung seluruh tamatan SD di Kabupaten Badung.

“Pada PPDB tahun ini, daya tampung SMP kita cukup. Daya tampung ini antara lain sekolah negeri dan swasta. Ada 28 SMP negeri dan 39 SMP swasta,” ujar Dwipayana, Rabu (5/6).

Dwipayana mengakui, tidak semua lulusan SD bisa ditampung di SMP negeri. Pihaknya pun berharap bila tidak dapat di negeri, supaya bersedia masuk ke swasta. Pasalnya, siswa di SMP swasta juga telah diberikan subsidi oleh Pemkab Badung layaknya di negeri, mulai dari subsidi tambahan dana BOS hingga pemberian seragam bagi siswa baru.

“Sesuai aturan tidak ada penambahan rombel (rombongan belajar). Jadi kita manfaatkan yang sudah ada. Bagi yang tidak dapat di negeri, bisa masuk ke swasta,” kata mantan Kabag Pengadaan Barang dan Jasa Setda Badung ini.

“Intinya sekolah di Badung sama, kalau di negeri dapat seragam, di swasta juga akan dapat. Kita sudah anggarkan lewat tambahan dana BOS untuk sekolah swasta,” tegasnya.

Masih menurut Dwipayana, SMP swasta tidak kalah baiknya dengan negeri. Pihaknya berharap agar sekolah swasta juga senantiasa meningkatkan mutu sekolah dan keunggulan agar siswa bersedia di sekolah itu. “Sekarang tidak ada lagi sekolah favorit. Semua sekolah sama. Jadi, mendaftar sesuai ketentuan saja. Untuk swasta justru kita minta meningkatkan mutu dan memiliki keunggulan sehingga tetap ramai,” pintanya. 7 ind

Komentar