nusabali

Tanpa Ronaldo, Portugal Libas Finlandia

  • www.nusabali.com-tanpa-ronaldo-portugal-libas-finlandia

LISBON, NusaBali - Meski tanpa sang bintang dan kapten Cristiano Ronaldo (CR 7), Timnas Portugal berhasil melibas Finlandia 4-2, dalam laga ujicoba jelang Euro 2024 di Stadion Jose Alvalade, Lisbon, Rabu (5/6) dinihari WITA.

Portugal menang berkat dua gol Bruno Fernandes, serta dua gol lainnya yang dicetak Ruben Dias dan Diogo Jota. Sedangkan dua gol Finlandia doborong penyerangnya, Teemu Pukki.

Tim Portugal yang kini dilatih Roberto Martinez itu berhasil membuka keunggulan pada menit ke-17 berkat gol sundulan Ruben Dias yang memanfaatkan sepak pojok Vitinha.

Portugal memperbesar keunggulan pada masa injury time babak pertama melalui tendangan penalti Diogo Jota. Babak pertama berakhir dengan skor 2-0.

Selecao das Quinas melakukan sejumlah pergantian di babak kedua dan berhasil menambah keunggulan menjadi 3-0 pada menit ke-56. 

Permainan umpan cepat dituntaskan tembakan keras Bruno Fernandes dari luar kotak penalti yang menjebol pojok kiri gawang kiper Lukas Hradecky.

Portugal gagal mempertahankan clean sheet setelah Finlandia mencetak dua gol dalam kurun waktu lima menit. Pukki memperkecil skor jadi 1-3 pada menit ke-72. Menerima umpan Robin Lod, Pukki, yang berhadapan dengan kiper Sa tanpa kesulitan membuat gol. 

Lima menit berselang, Pukki kembali mencetak gol. Pukki berhasil lepas dari kawalan lawan dan menerima bola dari Matti Peltola di luar kotak penalti Portugal. Penyerang Minnesota United itu merangsek ke depan dan dengan mudah diteruskan menjadi gol. Skor menjadi 3-2.

Namun, Portugal bisa mencetak gol tambahan sekaligus memastikan kemenangan berkat gol brace Fernandes pada menit ke-84. Gelandang Manchester United (MU) itu menerima bola dari Conceicao di kotak penalti sebelum menembakkan langsung ke gawang Hradecky.

Tidak ada gol tambahan hingga akhir laga sehingga Portugal berhak atas kemenangan pada persiapan pertama mereka jelang Euro 2024.

Sementara itu, Italia gagal meraih kemenangan saat ditahan imbang Turki 0-0 dalam pertandingan persahabatan lainnya di Stadion Renato Dall'Ara, Bologna, juga Rabu dinihari WITA.

Meski mendominasi, Italia kesulitan mengancam gawang Turki. Pada babak pertama, peluang terbaik Italia terjadi lewat sundulan Bryan Cristante yang membentur tiang. Peluang Mateo Retegui diamankan kiper pada awal babak kedua. Turki memiliki peluang lewat Baris Yilmaz dan Merih Demiral, tapi gagal menjebol gawang Italia.

Italia menebar ancaman melalui Giovanni Di Lorenzo dan Giacomo Raspadori pada menit-menit akhir. Namun tidak ada gol dn skor 0-0 bertahan hingga laga berakhir. Selanjutnya Italia akan mencoba Bosnia & Herzegovina, Senin (10/6), dan Turki kontra Polandia, Selasa (11/6). ant

Komentar