nusabali

KPM Rumah Deret Dibekali Pemberdayaan

  • www.nusabali.com-kpm-rumah-deret-dibekali-pemberdayaan

SEMARAPURA, NusaBali - Keluarga Penerima Manfaat (KPM) rumah deret di Desa Sulang, Kecamatan Dawan, Klungkung menerima sejumlah bantuan untuk pemberdayaan. Di antaranya menerima bantuan alat cukur, pembuatan perak atau emas, pande besi, keperluan membuka warung, hingga kandang ayam dan kelengkapannya guna keperluan ternak ayam petelur.

Kandang peternakan ayam petelur sudah berdiri di kawasan rumah deret dengan kapasitas sebanyak 500 ekor ayam petelur.

Kadis Sosial Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Klungkung, I Gusti Agung Gede Putra Mahajaya, mengatakan KPM rumah deret masih mendapat pendampingan agar dapat berkembang sehingga mampu meningkatkan taraf hidup. Berdasarkan hasil assessment, KPM rumah deret yang merupakan keluarga kurang mampu memiliki sejumlah kebutuhan guna dapat mencari nafkah secara maksimal.

Mereka membutuhkan alat cukur, pembuatan perak atau emas, pande besi, keperluan membuka warung, dan beternak ayam petelur. Permintaan para KPM ke Kementerian Sosial sudah direalisasikan dan diterima oleh para pemohon beberapa waktu lalu. "Untuk peternakan ayam petelur akan dikelola oleh kelompok yang telah dibentuk KPM rumah deret," ujar Gusti Mahajaya, Kamis (6/6).

Sedangkan, usaha tukang cukur, rencananya akan berkeliling. Warga yang tinggal di perumahan sekitar rumah deret menjadi target pasarnya. Assessment atas kebutuhan KPM rumah deret masih terus dilakukan guna membantu mereka mencari nafkah secara maksimal.

Terdapat 36 unit rumah deret dibangun pemerintah untuk tempat tinggal warga Klungkung kurang mampu dan tidak memiliki lahan tempat tinggal atau tuna wisma. Dibangun oleh Kementerian Sosial. 7 wan

Komentar