nusabali

TPA Mandung Disemprot Eco Enzyme

  • www.nusabali.com-tpa-mandung-disemprot-eco-enzyme

TABANAN, NusaBali - Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten melaksanakan kegiatan pembagian sembako kepada petugas TPA Mandung dan tenaga pengangkut sampah, Kamis (6/6). DLH juga menyemprotkan eco enzyme di areal TPA setempat, terutama pada titik-titik kemunculan asap dan potensi kemunculan api.

Kegiatan itu serangkaian pemperingati Hari Lingkungan Hidup, puncaknya pada Rabu (5/6). Kepala Dinas Lingkungan Hidup Tabanan I Gusti Putu Ekayana mengatakan ada 140 paket sembako yang dibagikan kepada petugas. Sebagian sembako kontribusi dari Yayasan Gayatri. "Kami berikan khusus kepada petugas TPA Mandung dan tenaga pengangkut sampah," jelasnya, Kamis (6/6). 

Sementara itu, khusus untuk penyemprotan eco enzyme dilakukan sebagai bagian dari proses pemulihan TPA Mandung pasca kebakaran sekaligus mempercepat proses pembusukan sampah. “Dengan penyemprotan ini diharapkan tidak ada lagi letupan gas yang berpotensi menimbulkan kebakaran. Ini secara rutin kami laksanakan sore hari,” imbuhnya.

Penyemprotan eco enzyme ini juga dilaksanakan bersamaan dengan pendinginan yang dilakukan dengan memanfaatkan air pada tandon bantuan BPBD Tabanan. “Saat ini (kondisi TPA Mandung) pasca status darurat. Kadang-kadang ada api. Kadang-kadang tidak ada. Kalau ada asap di bawahnya pasti ada bara,” tandas Ekayana. 7des

Komentar