nusabali

DPRD Jembrana Disiapkan Pin Emas 7 Gram

  • www.nusabali.com-dprd-jembrana-disiapkan-pin-emas-7-gram

Anggota dewan juga disiapkan lima jenis pakaian, yakni  pakaian sipil harian (PSH), sipil resmi (PSR), sipil lengkap (PSL), dinas harian lengan panjang, dan pakaian bercirikan khas daerah.

NEGARA, NusaBali
Pelantikan anggota DPRD Jembrana terpilih hasil Pileg 2024 akan digelar pada 13 Agustus 2024. Saat ini, pihak Sekretariat DPRD Jembrana tengah menyiapkan acara pelantikan. Nantinya juga akan disiapkan pin emas 7 gram untuk masing-masing dewan anyar . 

Sekretaris DPRD Jembrana I Komang Suparta saat dikonfirmasi Kamis (6/6), mengatakan pelantikan dewan terpilih akan digelar bersamaan dengan berakhirnya masa jabatan dewan periode sebelumnya. Sesuai catatannya, sidang paripurna istimewa terkait pengambilan sumpah/janji anggota DPRD Jembrana periode 2019-2024 digelar pada tanggal 13 Oktober 2019 lalu.

"Otomatis berakhirnya sama tanggal 13 Agustus (2024). Jadi untuk pelantikan yang periode 2024-2029 juga diagendakan tanggal 13 Agustus. Kecuali nanti ada instruksi ataupun aturan lain dari pusat, baru disesuaikan," ujar Suparta. 

Terkait pengadaan pakaian maupun atribut anggota dewan anyar nanti, kata Suparta, masih sama seperti periode sebelumnya. Yakni mengacu pada Peraturan Bupati (Perbup) Jembrana Nomor 6 Tahun 2017 tentang Hak Keuangan dan Administrasi Pimpinan dan Anggota DPRD Jembrana.

Anggota dewan juga disiapkan lima jenis pakaian, yakni  pakaian sipil harian (PSH), sipil resmi (PSR), sipil lengkap (PSL), dinas harian lengan panjang, dan pakaian bercirikan khas daerah. Sesuai aturan, sejumlah pakaian itu akan disediakan lebih dari sekali.

Khusus PSL akan disediakan 2 pasang selama 5 tahun. Kemudian PSH 2 pasang setiap tahun. Sementara PSR, pakaian dinas harian lengan panjang, dan pakaian yang bercirikan khas daerah, akan disediakan masing-masing 1 pasang setiap tahun. "Besok (Jumat hari ini, red)  kami panggil (dewan terpilih) untuk pengukuran pakaian," ucap Suparta. 

Di samping pakaian, Suparta mengaku juga ada persiapan insigne atau pin dengan bahan emas. Rencananya, berat pin emas yang akan diberikan kepada para dewan anyar adalah seberat 7 gram. Berat pin emas itu pun sama seperti periode sebelumnya. 

Namun kadar emasnya tidak disamakan karena anggaran pengadaan pin emas yang disediakan untuk dewan anyar ini masih sama seperti periode sebelumnya. Sementara saat ini harga emas sudah cukup jauh melonjak. "Kalau yang sebelumya 7 gram 20 karat. Mungkin yang sekarang tetap kita upayakan 7 gram, tapi kadarnya disesuaikan," ujar Suparta.

Dalam Perbup tentang Hak Keuangan dan Administrasi Pimpinan dan anggota DPRD Jembrana, Suparta mengaku juga ada mengatur pemberian uang jasa pengabdian kepada dewan yang purna tugas atau mengakhiri masa jabatannya. Besaran uang jasa pengabdian itu, diberikan sesuai masa bhakti. 

Masa bhakti setahun diberikan uang jasa sekali penghasilan representasi (gaji pokok). Begitu halnya untuk masa bhakti 2 - 4 tahun, disesuaikan dengan masa bhakti. Sementara khusus masa bhakti 5 tahun, bisa diberikan uang jasa pengabdian sebesar 5 kali atau 6 kali gaji pokok. "Yang masa bhakti 5 tahun, masih kami kaji apakah bisa diberikan sebesar 6 kali representasi. Karena untuk menentukan sebesar 5 atau 6 kali itu juga tergantung dengan kemampuan keuangan daerah," ucap Suparta. 

Seperti diketahui, jumlah anggota DPRD Jembrana periode 2024-2029 masih sama seperti periode sebelumnya, yakni berjumlah 35 orang. Dari 35 dewan terpilih itu, ada 22 orang yang merupakan incumbent dan 13 orang new comer.7ode

Komentar