nusabali

Setahun Beroperasi, Pesawat Super Jumbo Layani 382.802 Penumpang

  • www.nusabali.com-setahun-beroperasi-pesawat-super-jumbo-layani-382802-penumpang

MANGUPURA, NusaBali - Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai merayakan tonggak penting dalam dunia penerbangan Indonesia dengan sukses beroperasi pesawat super jumbo Airbus A380 selama satu tahun penuh. Dalam periode tersebut pesawat komersial ini telah melayani 382.802 penumpang yang terbang menuju dan dari Pulau Bali.

General Manager Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai Handy Heryudhitiawan, mengungkapkan rasa syukurnya atas pencapaian ini. Dia menjelaskan selama setahun, Airbus A380 Emirates telah melakukan 726 penerbangan. Dari total 382.802 penumpang yang dilayani, 193.911 adalah penumpang yang datang dan 188.891 adalah penumpang yang berangkat dari Bandara Ngurah Rai.

Pesawat ini melayani rute penerbangan Dubai-Bali-Dubai setiap hari, dengan jadwal kedatangan di Bandara Ngurah Rai pada pukul 16.35 Wita. Sementara keberangkatan kembali menuju Dubai International Airport pada pukul 19.40 Wita.

“Pada 1 Juni 2023 lalu, Bandara Ngurah Rai menjadi bandara pertama di Indonesia yang melayani penerbangan pesawat Airbus A380-800. Kami mengucapkan apresiasi kepada Emirates selaku operator, ground handling, serta seluruh instansi terkait atas pencapaian ini,” ujar Handy, Kamis (6/6) siang.

Handy menambahkan bahwa selama setahun beroperasi tidak terdapat kendala yang signifikan dalam pelayanan penerbangan pesawat A380 di bandara yang berlokasi di Kelurahan Tuban, Kecamatan Kuta, Badung. “Seluruh fasilitas kami dapat melayani penerbangan pesawat A380 dengan baik dan kami senantiasa melakukan peninjauan secara berkala untuk memastikan operasional bandara berjalan dengan aman dan lancar,” katanya.

Hingga April 2024, Bandara Ngurah Rai telah melayani 44.709 pergerakan pesawat dan 7.123.666 penumpang baik domestik maupun internasional. Handy menegaskan komitmennya untuk terus berkoordinasi dengan maskapai guna penerbangan di Bandara Ngurah Rai. “Kami harap di tahun ini akan terdapat penambahan rute-rute baru baik domestik maupun internasional, sehingga konektivitas Pulau Bali sebagai destinasi wisata kelas dunia semakin meningkat,” tambahnya.

Sementara Mohammad Al Attar, Country Manager Emirates untuk Indonesia, menyampaikan rasa gembira dan apresiasinya terhadap pencapaian ini. “Kami senang sekali merayakan satu tahun menghubungkan penumpang dari Indonesia, Dubai, dan berbagai negara lainnya melalui layanan A380 Emirates di Bali,” ucapnya.

Dia menegaskan bahwa pencapaian ini tidak akan terwujud tanpa dukungan kuat dari otoritas setempat di Bandara Ngurah Rai serta kerja keras dari mitra-mitra di Bali dan Indonesia. Al Attar menekankan pentingnya kontribusi semua pihak dalam memastikan kelancaran operasional A380 selama setahun terakhir. Melihat kesuksesan yang telah diraih, pihaknya berharap dapat terus memberikan layanan terbaik dan memperkuat hubungan mereka di wilayah ini. 7 ol3

Komentar