nusabali

Bulan Bung Karno, Bupati Sanjaya Pimpin Merawat Pertiwi Taman Gumi Banten

  • www.nusabali.com-bulan-bung-karno-bupati-sanjaya-pimpin-merawat-pertiwi-taman-gumi-banten
  • www.nusabali.com-bulan-bung-karno-bupati-sanjaya-pimpin-merawat-pertiwi-taman-gumi-banten

TABANAN, NusaBali - Jajaran Pemkab Tabanan dipimpin Bupati Tabanan I Komang Gede Sanjaya melaksanakan kegiatan Merawat Pertiwi Taman Gumi Banten yang diartikan sebagai kegiatan penanaman pohon upakara, di Areal Pura Luhur Batukau, Desa Wongaya Gede, Kecamatan Penebel, Tabanan, Jumat (7/6).

Kegiatan ini serangkaian memperingati Bulan Bung Karno sekaligus bertepatan dengan Hari Lingkungan Hidup Sedunia. 

Kegiatan ini melibatkan seluruh pejabat di lingkungan Pemkab Tabanan, CSR, ibu PKK, kelompok wanita tani hingga komunitas pecinta lingkungan, pelaksanaan kegiatan berlangsung dengan sistem Ngerombo. 

Kegiatan pada pagi hari tersebut tak hanya diisi dengan aktivitas penanaman tanaman upakara dan dapur hidup di areal Pura Batukau, namun juga diisi dengan pelaksanaan vaksinasi anjing. 

Kegiatan ini sebagai wujud komitmen Pemkab Tabanan dalam menjaga daerah bebas rabies, serta peninjauan pembangunan di Pura Beji dan penyerahan dana hibah kepada masyarakat di wantilan Pura Luhur Batukau.


Ada 50 ekor anjing lokal yang divaksinasi, ratusan pohon yang ditanam dengam rincian, 48 tanaman upakara dan dapur hidup seperti jeruk limo, purut, daun salam, tingkih, pangi, bunut dan beringin dimana, tanaman pohon jeruk limo saat itu ditanam langsung oleh Bupati Sanjaya. 

Selanjutnya, 137 tanaman pohon buah-buahan seperti alpukat, durian, mangga, klengkeng, sawo kecik dan pohon cempaka dan dilanjutkan dengan tanaman dapur hidup seperti kunyit, jahe, kencur, laos, cabai dan sereh. 

Bupati Sanjaya mengajak merawat lingkungan terus diimplementasikan. Tak hanya dengan cara menanam pohon saja namun menjaga kesucian dan kesakralan kawasan Pura Luhur Batukau. "Tadi (kemarin) saya menanam limau, walapaun kecil namun manfaatnya sangat banyak," ujarnya. 

Dia berharap di Bulan Bung Karnor ini seluruh masyarakat secara bersama-sama terus merawat Tabanan tercinta. "Dengan apa yang ditanam ini kita berharap dapat memberikan kontribusi nyata bagi Tabanan. Sehingga nantinya ke depan bisa menjadi peluang usaha dalam peningkatan ekonomi," jelasnya. 

Kegiatan dirangkai dengan dengan peresmian Tisira (Tim Siaga Rabies) oleh Bupati Sanjaya. Penyerahan bantuan dan penghargaan, termasuk penyerahan hibah pertanian dan penyerahan piagam penghargaan berprestasi di bidang pertanian. 

Kepala Dinas Pertanian Tabanan I Made Subagia mengatakan kegiatan ini dilaksanakan bedasarkan kolaborasi dari tokoh-tokoh masyarakat, ASN. Gerakan pramuka, anak-anak dan forum peduli lingkungan. "Sumber dana ini berasal dari  donasi, gotong royong dan didukung APBD Provinsi dan dari Dinas lingkungan hidup Provinsi Bali,” terangnya. @des

Komentar