nusabali

Siapkan Anggaran Rp 7,7 Miliar, Badung Ikuti 24 Materi PKB

  • www.nusabali.com-siapkan-anggaran-rp-77-miliar-badung-ikuti-24-materi-pkb

MANGUPURA, NusaBali - Pemerintah Kabupaten Badung menganggarkan Rp 7,7 miliar untuk keikutsertaan seniman Gumi Keris dalam ajang Pesta Kesenian Bali (PKB) Ke-46 tahun 2024.

Dengan jumlah anggaran ini, Badung nantinya akan mengikuti sebanyak 24 materi. Tak hanya itu, anggaran Rp 7,7 miliar ini juga termasuk pelaksanaan PKB di Kabupaten Badung yang digelar Kamis (6/6) lalu.

Untuk diketahui, PKB Ke-46 Tahun 2024 tetap menampilkan delapan materi pokok meliputi Peed Aya (Pawai), Rekasadana (Pergelaran), Utsawa (Parade), Wimbakara (Lomba), Kandarupa (Pameran), Kriyaloka (Lokakarya), Widyatula (Sarasehan), dan Adi Sewaka Nugraha (Penghargaan Pengabdi Seni).

Kepala Dinas Kebudayaan Badung I Gde Eka Sudarwitha, mengatakan Badung akan mengikuti sebanyak 24 materi yang ditentukan oleh Provinsi Bali. Pengisian 24 materi tersebut melibatkan seniman dari seluruh kecamatan yang ada di Badung. “Duta Kabupaten Badung akan mengikuti seluruh rangkaian pegelaran yang ada, baik yang bersifat lomba atau tidak. Kami dari Kabupaten Badung akan mengikuti sekitar 24 materi di tingkat Provinsi Bali,” ujar Sudarwitha, Jumat (7/6).

Terkait kesiapan para duta Badung dalam mengikuti PKB di tingkat provinsi, Sudarwitha optimis 100 persen siap dalam waktu dekat. “Dari 24 yang diikuti, sudah ada 20 sekaa yang siap. Tinggal empat lagi masih merapikan terkait dengan penyelarasan tema, waktu penampilan dan sebagainya,” ungkap mantan Camat Petang ini.

Sudarwitha mengaku, duta Badung sudah dipersiapkan sejak setahun lalu. Persiapan tersebut diawali dengan pemilihan duta Kabupaten Badung melalui event-event yang pernah digelar sebelumnya, seperti Festival Seni Budaya. Begitu juga melalui program banjar menari, yang bertujuan untuk pelestarian seni dan budaya.

Dengan persiapan yang cukup matang, pihaknya optimistis dapat meraih juara dalam setiap lomba yang dilaksanakan. Sebab juara tersebut sebagai ukuran pelaksanaan pembinaan yang telah dilakukan. “Sudah barang tentu untuk dapat memperoleh prestasi. Karena presrasi yang diraih pada keikut sertaan itu adalah ukuran darinpelaksanaan pembinaan oleh Pemkab badung khususnya kami di Disbud,” imbuhnya.

Ditambahkan Sudarwitha, anggaran Rp 7,7 miliar, lanjut Sudarwitha, termasuk pelaksanaan kegiatan PKB di tingkat Kabupaten Badung, Kamis (6/6) lalu. Dalam PKB tingkat kabupaten ini, para seniman atau duta-duta yang ada di masing-masing kecamatan dan organisasi kewanitaan melaksanakan berbagai perlombaan seperti lomba gebogan, busana adat Bali, ngulat klangsah, dan lain sebagainya. 7 ind

Komentar