nusabali

STY : Harus Menang Lawan Filipina

Irak Siap Bantu Indonesia, dengan Kalahkan Vietnan

  • www.nusabali.com-sty-harus-menang-lawan-filipina

Sangat disayangkan kebobolan karena kesalahan sendiri. Perjalanan tim masih jauh untuk berkembang. STY akan berusaha lebih keras untuk memenangkan laga selanjutnya melawan Filipina.

JAKARTA, NusaBali
Timnas Indonesia gagal lolos lebih cepat ke putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia, setelah kalah 0-2 dari Irak, dalam partai kelima Grup F di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jakarta, Kamis (6/6) sore WITA.

Pada laga selanjutnya, Indonesia harus menang atas Filipina demi lolos ke putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026, tanpa harus memikirkan hasil Vietnam kontra Irak pada hari yang sama.

"Saya akan mempersiapkan tim ini menjadi lebih baik. Tidak ada tempat lagi untuk kami mundur. Kami harus bekerja keras. Memang, saya juga tidak menganggap Filipina sebagai lawan yang mudah," kata Shin Tae-yong (STY), Jumat (7/6).

STY menilai, timnya sudah bekerja keras. Tetapi sangat disayangkan kebobolan karena kesalahan sendiri.  Menurutnya, tetap masih jauh perjalanan tim untuk berkembang. STY akan berusaha lebih keras dan berusaha untuk memenangkan laga selanjutnya melawan Filipina.

Sedangkan bek kiri Shayne Pattynama mengatakan, tim Garuda bermain lebih baik, terutama pada babak pertama. Menurutnya, total sembilan peluang yang dilesatkan tak berbuah gol dan justru Irak mencuri dua gol berkat penalti Aymen Hussein (54') dan Ali Jasim (88'). Indonesia kian kesulitan bangkit saat kapten Jordi Amat mendapatkan kartu merah sejak menit ke-59.

Dua gol itu berawal dari kesalahan individu dua pemain Indonesia yaitu pertama Justin Hubner yang tak sengaja menyentuh bola dengan tangan di kotak penalti dan kiper Ernando Ari yang terlalu lama memegang bola di kotak penalti sehingga bolanya direbut Ali Jasim.

"Menurut saya kami bermain sangat baik. Ada perbedaan besar dari pertemuan pertama ketika kalah 5-1, dan sekarang jika anda melihat betapa bagusnya kami di babak pertama. Kami seharusnya bisa mencetak banyak gol," kata Shayne setelah laga.

Menuju ke putaran ketiga, Shayne menegaskan timnya akan bekerja sangat keras dan terus berjuang di latihan untuk mencetak gol dan meraih kemenangan pada laga penentuan melawan Filipina di SUGBK pada Selasa (11/6) pukul 20.30 WITA.

Sementara itu, pelatih Irak Jesus Casas sesumbar target timnya menyapu bersih seluruh pertandingan Grup F Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia dengan kemenangan. Artinya, menjamu Vietnam pada laga pemungkas, Irak tetap mengincar tiga poin.

"Kami memang ingin memenangkan seluruh pertandingan tersisa. Timnas Indonesia adalah lawan yang harus kami menangkan," kata Jesus Casas.

Menurut Jesus Casas Indonesia tetap bisa lolos setelah mengalahkan Filipina di laga selanjutnya. Dia merasa Indonesia memiliki pemain yang bagus. Casas pun menilai Indonesia bisa mengatasi Filipina, dengan starting XI serkarang. ant

Komentar