nusabali

Basket Putra Rebut Emas ASG

  • www.nusabali.com-basket-putra-rebut-emas-asg

JAKARTA, NusaBali - Taklukkan Filipina 56-54, tim basket putra Indonesia mencetak sejarah dengan meraih medali emas untuk pertama kalinya pada ASEAN Scholl Games (ASG) 2024, di Da Nang Vietnam, Jumat (7/6).

“Dalam pertandingan ini game plan yang disiapkan berjalan baik terutama saat defense. Anak-anak bermain tenang dan sabar meski ada kesalahan dan itu masih wajar,” kata pelatih tim basket putra Rifki Antolyon, dalam rilisnya.

Dia menyebutkan kunci kemenangan pada pertandingan melawan Filipina adalah kesuksesan para pemain menerapkan strategi yang diberikan oleh pelatih, salah satunya dengan permainan yang disiplin dan sabar dalam membuat keputusan.

Pada final tersebut, tim basket putra Indonesia sempat defisit tiga poin di awal kuarter pertama, namun situasi itu direspons dengan baik oleh para pemain. Indonesia pun mampu memangkas keunggulan Filipina dengan kedudukan 17-18. 

Memasuki kuarter kedua, pemain Indonesia terus bermain menekan dengan perlawanan sengit sehingga Indonesia sukses memimpin dengan skor 28-27.

Di kuarter ketiga, pertandingan masih berlangsung ketat. Kedua tim saling menambah angka hingga Filipina kembali unggul 38-37 di kuarter ketiga. Di kuarter terakhir, Indonesia bermain penuh konsentrasi sehingga mengakhiri pertandingan dengan kemenangan 56-54.

Sementara itu, manajer tim basket putra Alfa Hari Kusumanegara menjelaskan kemenangan ini diraih karena para pemain bermain sesuai strategi yang disiapkan.

Perjalanan tim basket putra di ASG 2024 dimulai dari penyisihan Grup A dengan mengalahkan Laos 128-45, kalah dari Filipina 57-65. Di laga pamungkas mengalahkan Thailand 83-66. Hasil ini membawa mereka ke semifinal sebagai runner up grup.

Di semifinal, Indonesia menundukkan Singapura 64-55. Kemenangan ini mengantarkan Indonesia ke final menantang Filipina. Di final, tim Indonesia sukses revans atas kekalahan sebelumnya, baik itu saat final di ASG 2019 dan pertemuan di fase Grup A. ant

Komentar