nusabali

Suparta Wakil Ketua Dewan, Made Parnawa Ketua Fraksi

Usul DPC Demokrat untuk Pimpinan DPRD Karangasem

  • www.nusabali.com-suparta-wakil-ketua-dewan-made-parnawa-ketua-fraksi

AMLAPURA, NusaBali - Ketua DPC Partai Demokrat Karangasem I Komang Wirawan mengusulkan Sekretaris DPC Partai Demokrat I Wayan Suparta sebagai calon Wakil Ketua DPRD Karangasem dan Bendahara DPC I Made Parnawa sebagai calon Ketua Fraksi Partai Demokrat DPRD Karangasem masa bakti 2024–2029.

“Saya sudah rekomendasikan dan sudah saya usulkan ke DPP melalui DPD,” kata Komang Wirawan kepada NusaBali di Amlapura, Sabtu (8/6).
Komang Wirawan memiliki alasan khusus merekomendasikan Wayan Suparta sebagai calon Wakil Ketua DPRD Karangasem. Selain duduk di struktur Partai Demokrat, Wayan Suparta telah empat periode jadi anggota DPRD Karangasem, yakni masa bakti 2009–2014, 2014–2019, 2019–2024, dan 2024–2029.

Komang Wirawan menambahkan, sebenarnya sesuai ketentuan di Partai Demokrat, yang diusulkan ada tiga calon, dua lainnya sebagai calon pendamping supaya ada pilihan. Kedua calon pendamping dimaksud adalah I Putu Adi Tanaya dari Daerah Pemilihan Karangasem I Kecamatan Karangasem yang di Pemilu Legislatif 2024 lalu meraih 3.026 suara dan I Gede Agung Puspada dari Daerah Pemilihan Karangasem III Kecamatan Manggis meraih 2.362 suara.

Sedangkan calon Ketua Fraksi I Made Parnawa dari Dapil Karangasem II Kecamatan Bebandem meraih 1.923 suara.

“Usulan itu mengacu rapat partai,” ucap Komang Wirawan.

Partai Demokrat, lanjut Komang Wirawan, berhak mengajukan jabatan Wakil Ketua DPRD Karangasem karena sebagai pemenang keempat Pemilu Legislatif 2024 setelah PDIP, Partai Golkar, dan Partai Gerindra. Sebab komposisi di DPRD Karangasem selain jabatan ketua dewan, ada tiga jabatan wakil ketua.

Jabatan Ketua DPRD Karangasem masa bakti 2019–2024 masih dipegang I Wayan Suastika dari PDIP, Wakil Ketua I Nengah Sumardi dari Partai Golkar, I Gusti Ngurah Gede Subagiartha dari Partai NasDem, dan I Wayan Parka dari Partai Gerindra.

Jabatan Wakil Ketua DPRD Karangasem dimenangkan Partai Demokrat setelah mampu menggeser Partai NasDem. Sebab, Partai NasDem yang di Pemilu Legislatif 2019 meraih 9 kursi, pada Pemilu Legislatif 2024 turun jadi 5 kursi. Sedangkan Partai Demokrat di Pemilu Legislatif 2019 meraih 2 kuris, naik tajam jadi 6 kursi di Pileg 2024.

Wayan Suparta mengapresiasi penugasan dari partai kepada dirinya. “Saya siap menjabat Wakil Ketua DPRD Karangasem, selain mengemban tugas partai juga mengemban amanat masyarakat,” kata politisi dari Banjar Wates Tengah, Desa Duda Timur, Kecamatan Selat.

Wayan Suparta yang di Pemilu Legislatif 2024 meraih 4.925 suara, naik dibandingkan Pemilu Legislatif 2919 sebanyak 4.216 suara, berjanji akan lebih optimal mengawal aspirasi masyarakat.

Sedangkan Made Parnawa mengatakan, walau menyadari sebagai pendatang baru, namun dirinya akan optimal menyuarakan aspirasi masyarakat. “Saya telah mendata kebutuhan masyarakat, tinggal menyuarakan di forum resmi,” ucap politisi dari Desa Jungutan, Kecamatan Bebandem.Di bagian lain Ketua DPC Partai Gerindra I Nyoman Suyasa mengaku belum memproses untuk jabatan Wakil Ketua DPRD dan Ketua Fraksi DPRD Karangasem. Walau disebut-sebut calon kuat Wakil Ketua DPRD Ni Kadek Weisya Kusmia Dewi, hal itu dibantahnya. 

“Masih sibuk persiapan jelang Pilkada Karangasem, saya belum memikirkan mengusulkan jabatan wakil ketua dewan dan ketua fraksi,” kata Suyasa. Pada Pileg 2024, Gerindra Karangasem meraih 9 kursi dari 45 kursi di DPRD Karangasem.

Sementara Ketua Partai Golkar I Gusti Ngurah Setiawan menyatakan belum memproses jabatan calon wakil ketua dewan dan ketua fraksi. 

Bahkan Ketua DPC PDIP Karangasem I Gede Dana sebagai pemenang Pemilu Legislatif 29024 dengan 15 kursi, juga belum memproses calon ketua dewan dan ketua fraksi. “Semua kader berpeluang menduduki jabatan Ketua DPRD Karangasem dan Ketua Fraksi DPRD Karangasem,” ujar Gede Dana yang juga Bupati Karangasem. 7 k16

Komentar