nusabali

32 Bintara Remaja Polri Ikuti Tradisi Pembaretan

  • www.nusabali.com-32-bintara-remaja-polri-ikuti-tradisi-pembaretan

DENPASAR, NusaBali - Sebanyak 32 bintara remaja lulusan tahun 2024 mengikuti upacara pembaretan yang dipimpin Wakapolresta Denpasar Denpasar, AKBP I Made Bayu Sutha Sartana di Taman Pujaan Bangsa Margarana, Kecamatan Marga, Kabupaten Tabanan, pada Sabtu (8/6) pukul 06.00 Wita.

Sebelum pembaretan, para puluhan bintara remaja ini long march dari areal parkir obyek wisata Alas Kedaton, Desa Kukuh, Kecamatan Marga Tabanan menuju lokasi yang jaraknya sekira sejauh 10 kilometer. 

Selama long march, bintara remaja ini melintasi obyek wisata Alas Kedaton, Jalan Raya Desa Jadi, Jalan Wisnu Marga dan berakhir di Taman Pujaan Bangsa Margarana. Perjalanan sejauh 10 kilometer itu ditempuh dalam waktu 3 jam. Saat tiba di lokasi, sebelum pembaretan para bintara remaja ini peragakan Dalmas (pengendalian massa) dan bela diri Polri.

Kapolresta Denpasar, Kombes Pol Wisnu Prabowo dalam sambutan yang dibacakan Wakapolresta AKBP Bayu Sutha mengatakan, pembaretan ini awal bagi bintara remaja untuk memahami tugas Polri secara nyata. Bintara remaja diharapkan mampu menghadapi situasi keamanan dan ketertiban masyarakat (Kamtibmas).

“Bintara remaja adalah garda terdepan dalam mengamankan wilayah hukum Polresta Denpasar. Para bintara nantinya akan mendapatkan pelatihan untuk meningkatkan kemampuan agar bersikap profesional dan proporsional dalam memberikan perlindungan, pengayoman, pelayanan kepada masyarakat, serta penegakan hukum,” ujar Sutha Sartana saat menyampaikan amanat Kapolresta. 

Kapolresta juga menggaris bawahi pentingnya kesamaan pola pikir, sikap, dan tindakan para personel dalam menjalin sinergitas dengan pemangku kepentingan lain, guna mengantisipasi perkembangan situasi kamtibmas. Bintara remaja diharapkan menguasai, memahami dan mengimplementasikan sistem serta metode yang terkait dengan tugas pokok dan fungsi (tupoksi) Polri, sesuai dengan karakteristik daerah masing-masing. “Selamat bergabung dan bertugas di Polresta Denpasar bagi bintara remaja lulusan tahun ajaran 2024,” ungkap AKBP Sutha Sartana.pol

Komentar