nusabali

Inggris Dipermalukan Islandia, Jerman Comeback Libas Yunani

  • www.nusabali.com-inggris-dipermalukan-islandia-jerman-comeback-libas-yunani

LONDON, NusaBali - Tim Nasional Inggris kalah 0-1 saat menjamu Islandia. Sedangkan Jerman menang tipis 2-1 atas Yunani, dalam laga uji coba internasional, di negaranya masing-masing, Sabtu (8/6) dinihari WITA.

Di Stadion Wembley, London, Inggris kalah 1-2 saat menjamu Islandia melalui gol Jon Dagur Thorsteinsson di babak pertama. Pertandingan itu penting bagi kedua tim untuk persiapan putaran final Piala Eropa (Euro) 2024.

Berlaga di hadapan suporter sendiri, Inggris sebenarnya mendominasi penguasaan bola hingga 68 persen dan banyak menciptakan peluang. Namun, mereka justru kebobolan lewat gol Jon Dagur Porsteinsson pada menit ke-12. Thorsteinsson menendang bola mendatar di tepi kotak penalti dan meluncur deras ke gawang Inggris. 

Inggris berusaha mengejar ketertinggalan dan terus menekan pertahanan tim tamu, tetapi mereka kesulitan membongkar pertahanan Islandia hingga pertandingan berakhir.

Phil Foden dkk harus menelan kekalahan tipis 0-1 dari Islandia. Ujicoba itu laga terakhir Inggris sebelum bermain melawan Serbia di laga perdana Grup C di Euro 2024, Senin (17/6).

Pelatih Inggris, Gareth Southgate mengungkapkan kekecewaannya atas kekalahan melawan Islandia. Dia menyebut timnya tidak menunjukkan karakter yang kuat. Menurut Southgate, penampilan tim asuhannya tidak terorganisir dan mengecewakan. 

“Kami tidak menunjukkan karakter yang cukup," ujar Southgate kepada Channel 4.

Namun, dia berpikir kekalahan ini menjadi evaluasi bagus bagi timnya jelang babak grup Euro 2024. Menurutnya, pergerakan tanpa bola para pemain Inggris harus lebih bagus.

Sedangkan di laga uji coba lainnya, Jerman comeback 2-1 di Borussia-Park, Dortmund, Sabtu dinihari WITA. Yunani unggul lebih dulu lewat gol Giorgos Masouras sebelum Jerman memlewat dua gol yang dicetak oleh Kai Havertz dan Pascal Gross.

Jerman berstatus sebagai tuan rumah Piala Eropa 2024, dinilai menjadi salah satu favorit juara. Namun, mereka justru susah payah meraih kemenangan dalam laga lawan Yunani.

Yunani memberikan perlawanan sengit dan bahkan sempat mencuri gol lebih dulu lewat aksi Masouras pada ke-33. Jerman lebih dominan dalam penguasaan bola, tetapi mereka gagal memaksimalkan peluang menjadi gol hingga babak pertama berakhir.

Jerman baru mampu menyamakan kedudukan menjadi 1-1 pada menit ke-56 melalui gol Kai Havertz setelah menuntaskan bola hasil kerja keras Leroy Sane. Jerman berbalik unggul 2-1 pada menit ke-89, yang dicetak Pascal Gross.

Die Mannschaft pun meraih kemenangan penting di hadapan pendukung sendiri. Laga itu yang terakhir sebelum Jerman menghadapi Skotlandia di laga pembukaan Euro 2024 pada Sabtu (15/6) pekan depan. ant

Komentar