nusabali

WNA Diduga Digigit Monyet di Monkey Forest Ubud

  • www.nusabali.com-wna-diduga-digigit-monyet-di-monkey-forest-ubud

GIANYAR, NusaBali - Seorang WNA diduga digigit monyet saat melancong di Monkey Forest Ubud, Gianyar.

Human Resource Development (HRD) Monkey Forest, Nensi Suyanti, menjelaskan wisatawan atas nama Jami Groves datang berlibur bersama temannya pada 30 Mei 2024 lalu. Namun turis asal Australia itu tidak tercatat melakukan pengobatan ke klinik. 

“Tadi kami cek kamera Closed Circuit Television (CCTV), WNA perempuan itu saat berjalan-jalan menggunakan tas rantai yang diikatkan di pinggangnya dan di salah satu kawasan wisata kami, ia tampak digigit monyet kecil pada bagian paha dan betisnya, tapi dia tetap melanjutkan berkeliling kawasan wisata tanpa ada kesan digigit monyet,” terang Nensi, Sabtu (8/6) siang.

Nensi mengatakan, walaupun mendapat gigitan monyet, WNA itu tetap berkeliling lalu keluar area monkey forest. Sehingga tidak ada catatan dalam klinik untuk pengobatan luka yang diderita. “Biasanya setiap ada gigitan pertama kami tangani di klinik, kemudian rujuk ke rumah sakit untuk mendapatkan vaksin ataupun serum anti rabies. Untuk kasus ini murni tidak ada pelaporan ke petugas lapangan,” imbuhnya.

Nensi juga memastikan kesehatan monyet terjaga dengan hanya diberikan makan sesuai habitatnya seperti buah-buahan, jagung, kacang, dan tidak diberikan makanan lain selain itu. Jika ada monyet bermasalah, seperti mengamuk dan melukai kawanannya, langsung diambil untuk dibawa ke laboratorium kesehatan hewan di wilayah Sesetan, Denpasar. Laboratorium di Sesetan sudah bekerja sama dengan monkey forest untuk pengawasan hewan. 7 nvi

Komentar