nusabali

Pengaduan Melonjak, DKPP Jaga Kebugaran

  • www.nusabali.com-pengaduan-melonjak-dkpp-jaga-kebugaran

JAKARTA, NusaBali - Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP) menggelar jalan sehat di Jakarta pada Minggu (9/6) sebagai bagian dari peringatan HUT ke-12 DKPP.

Kegiatan ini bertujuan untuk menjaga kesehatan dan konsentrasi para anggota DKPP dalam menghadapi lonjakan pengaduan dugaan pelanggaran Kode Etik Penyelenggara Pemilu (KEPP) di tahun politik ini.

Ketua DKPP Heddy Lugito mengungkapkan bahwa hingga 31 Mei 2024, DKPP telah menerima 300 aduan sepanjang tahun 2024. Jumlah ini meningkat tajam sejak Maret, hampir 200 persen dibandingkan jumlah aduan gabungan bulan Januari dan Februari.

"Oleh karena itu, saya berharap jalan sehat ini membuat kita lebih sehat, badan kita jadi lebih segar, membuat pikiran kita lebih jernih, tidak mikir ke mana-mana kecuali menjaga kehormatan penyelenggara Pemilu," kata Heddy.

Heddy menekankan pentingnya menjaga kesehatan dan konsentrasi bagi DKPP dalam menegakkan KEPP di tengah kontestasi Pemilu serentak 2024 dan Pilkada serentak 2024. Menurutnya, penegakan KEPP sangatlah penting untuk menjaga kualitas demokrasi Indonesia.

"Publik masih mengharapkan DKPP sebagai benteng terakhir mencari keadilan Pemilu. Bahkan banyak pencari keadilan yang berperkara di MK lari ke DKPP," jelas Heddy.

Selain jalan sehat, DKPP juga memberikan santunan kepada 25 anak yatim dan yatim piatu dari Panti Asuhan Rasulullah SAW. Kegiatan ini diikuti oleh hampir 300 orang, termasuk dua Anggota DKPP, perwakilan dari KPU, Bawaslu, Kemendagri, dan Korpri.

Sekretaris DKPP David Yama menjelaskan bahwa peringatan HUT ke-12 DKPP terdiri dari tiga rangkaian kegiatan, yaitu jalan sehat dan santunan kepada anak yatim pada 9 Juni 2024, donor darah pada 10 Juni 2024, dan acara puncak pada 12 Juni 2024.

Ia berharap acara ini dapat meningkatkan eksistensi DKPP sebagai lembaga penegak kode etik penyelenggara Pemilu.7

Komentar