nusabali

Dihadiri 25 Perwakilan Perusahaan dan 25 Pekerja

Sosialisasi Pencegahan dan Penyelesaian Perselisihan Hubungan Industrial

  • www.nusabali.com-dihadiri-25-perwakilan-perusahaan-dan-25-pekerja

GIANYAR, NusaBali - Mengurangi potensi konflik industrial, Dinas Tenaga Kerja Kabupaten Gianyar melaksanakan sosialisasi pencegahan dan penyelesaian perselisihan hubungan industrial di Ballroom Mal Pelayanan Publik (MPP) Kabupaten Gianyar, Senin (10/6) pagi.

Sosialisasi untuk meningkatkan pemahaman dan kemampuan para peserta dalam mengelola konflik di lingkungan kerja sehingga tercipta hubungan industrial yang harmonis. Kegiatan ini dihadiri oleh 50 peserta terdiri dari 25 orang perwakilan perusahaan dan 25 orang perwakilan serikat pekerja atau pekerja. 

Narasumber Ni Luh Made Wiratmi selaku Mediator Hubungan Industrial Ahli Utama Dinas Ketenagakerjaan dan ESDM Provinsi Bali. Dalam sambutannya, Kadis Tenaga Kerja Kabupaten Gianyar Ida Ayu Ketut Surya Adnyani menyampaikan pentingnya sinergi antara perusahaan dan serikat pekerja atau pekerja dalam menciptakan iklim kerja yang kondusif. 

Peran proaktif kedua belah pihak dalam mencegah terjadinya perselisihan serta menyelesaikan permasalahan yang timbul dengan cara-cara yang konstruktif dan dialogis. “Sehingga dapat mewujudkan Kabupaten Gianyar sebagai contoh daerah yang mampu mengelola hubungan industrial dengan baik dan profesional,” ujar Wiratmi.

Di tahun 2023 terdapat 8 perselisihan hubungan industrial di mana 7 perselisihan diselesaikan dengan perjanjian bersama dan 1 dengan anjuran tertulis. Di tahun 2024, terdapat 2 perselisihan yakni 1 hubungan industrial diselesaikan dengan perjanjian bersama dan 1 dengan anjuran tertulis. Ini menjadi kesempatan untuk berdiskusi langsung antara peserta dengan narasumber dan menyampaikan berbagai permasalahan yang mereka hadapi di lapangan. 

Diskusi interaktif ini diharapkan dapat memberikan solusi praktis dan meningkatkan kolaborasi antara perusahaan dan serikat pekerja atau pekerja dalam menangani perselisihan. “Pengetahuan yang diperoleh dapat diimplementasikan oleh para peserta di tempat kerja masing-masing sehingga dapat menciptakan hubungan kerja yang lebih baik dan mengurangi potensi konflik,” ujar Ida Ayu Surya. 7 nvi

Komentar