nusabali

15 Siswa SMP Lolos ke OSN Provinsi Bali

  • www.nusabali.com-15-siswa-smp-lolos-ke-osn-provinsi-bali

AMLAPURA, NusaBali - 15 siswa SMP se-Karangasem lolos ke OSN (Olimpiade Sains Nasional) Tingkat Provinsi Bali 2024. 15 anak ini lolos dalam tiga mata pelajaran, masing-masing mata pelajaran meloloskan 5 siswa pintar, yakni IPA (Ilmu Pengetahuan Alam), IPS (Ilmu Pengetahuan Sosial) dan Matematika.

Hal itu dikatakan Kepala Bidang SMP Disdikpora Karangasem I Gusti Lanang Sangkan di ruang kerjanya, Jalan Veteran, Amlapura, Senin (10/6).

Sebelumnya, OSN SMP Tingkat Kabupaten Karangasem dilaksanakan 29 - 30 Mei, di empat sekolah secara online. Tiap mata pelajaran yang lolos adalah yang masuk peringkat I hingga V.

Tercatat 87 siswa ikut OSN Tingkat Kabupaten Karangasem mata pelajaran IPA, 79 siswa berlomba mata pelajaran IPS, dan 84 siswa mata pelajaran Matematika. Pelaksanaan OSN Tingkat Provinsi Bali, kata I Gusti Lanang Sangkan, 12 - 13 Juni uji coba dan pelaksanaannya pada 20-21 Juni.

Dari 15 siswa yang lolos paling banyak berasal dari SMPN 2 Amlapura, sebanyak 5 siswa masing-masing, I Gusti Ayu Ardani Ratna Sasmitha di mata pelajaran Matematika, I Gede Krisnanda Okta Nastawa dan I Komang Pendy Prayoga mata pelajaran IPS,  I Wayan Praditya Adi Darma dan Ni Putu Tania Kembang Yani mata pelajaran IPA.

"Kami bersyukur di tiga mata pelajaran terwakili lolos ke OSN Tingkat Provinsi Bali, targetnya agar mampu lolos ke OSN Tingkat Nasional," harap Kasek SMPN 2 Amlapura I Kadek Wirawan usai memberikan apresiasi terhadap siswanya berprestasi di sela-sela acara pelepasan siswa kelas IX.

Kadek Wirawan menambahkan, setelah menang di OSN Tingkat Kabupaten Karangasem katanya, kembali bersiap melaksanakan bimbingan untuk menyongsong OSN Tingkat Provinsi Bali.

"Walau juara di kabupaten, belum bisa berpuas diri, perjalanan masih panjang, ada OSN Tingkat Provinsi Bali, jika berhasil nanti lolos ke OSN Tingkat Nasional, kembali melakukan persiapan," tambahnya.

Di bagian lain Kasek SMPN 3 Selat I Komang Gede Sudarsana juga menyukuri walau hanya mampu meloloskan satu siswa ke OSN Tingkat Provinsi Bali, mata pelajaran IPA atas nama Kadek Dimas Vernanda. "Ya, lolos satu siswa, mudah-mudahan bisa menang nanti," jelas I Komang Gede Sudarsana. 

Walaupun, katanya, dari sekolah pinggiran masih mampu bersaing, khusus untuk mata pelajaran IPA, di bawah pembina Ni Luh Warniti dan Ni Kadek Citrawati.

Sebanyak 5 siswa mata yang lolos OSN Provinsi Bali, mata pelajaran Matematika: I Gusti Ayu Ardani Ratna Sasmitha dari SMPN 2 Amlapura, I Kadek Arilingga Wibisana dari SMPN 4 Bebandem, Ni Kadek Indah Dwi Wahyuni dari SMPN 1 Rendang, dan Ni Made Ulandari dari SMP Dharma Kirti, Desa Sengkidu, Kecamatan Manggis.

Lima siswa yang lolos mata pelajaran IPS: Desak Putu Ayu Widya Sari dari SMPN 1 Rendang, I Gede Krisnanda Okta Nastawan dari SMPN 2 Amlapura, I Ketut Diva Sukada dari SMPN 1 Bebandem, I Komang Pendy Prayoga dari SMPN 2 Amlapura dan Wayan Krisna Ari Saputra dari SMPN 2 Sidemen. Sedangkan lima siswa yang lolos mata pelajaran IPA: I Gusti Ayu Julita Anne Antari dari SMPN 2 Selat, I Wayan Praditya Adi Darma dari SMPN 2 Amlapura, Kadek Dimas Vernanda dari SMPN 3 Selat, Ni Putu Siva Citra Purnamayanti dari SMPN 1 Bebandem, dan Ni Putu Tania Kembang Yani dari SMPN 2 Amlapura.7k16

Komentar