nusabali

Sejarah, Indonesia ke Putaran Ketiga Piala Dunia 2026

  • www.nusabali.com-sejarah-indonesia-ke-putaran-ketiga-piala-dunia-2026
  • www.nusabali.com-sejarah-indonesia-ke-putaran-ketiga-piala-dunia-2026

Timnas Indonesia menempati posisi kedua klasemen akhir Grup F Piala Dunia 2026 dengan 10 poin untuk lolos ke putaran ketiga, sekaligus otomatis lolos ke Piala Asia 2027.

Justru Indonesia yang berhasil menggandakan keunggulan pada menit ke-55. Diawali dari pelanggaran terhadap Ragnar di area kanan pertahanan Filipina yang menghasilkan tendangan bebas. Bola tendangan bebas disepak oleh Nathan Tjoe-A-on, untuk kemudian disambut sundulan bek tengah Rizky Ridho. 2-0 Indonesia memimpin.

Pada menit ke-61, Pelatih Shin melakukan pergantian pemain dengan menarik keluar Nathan dan Rafael Struick, untuk digantikan Ivar Jenner dan Yakob Sayuri.

Unggul dua gol semakin membakar semangat pemain Indonesia. Kali ini giliran Jenner dan Ragnar melepaskan tembakan yang masih dapat ditahan oleh pemain bertahan Filipina.

Peluang Indonesia berikutnya menjadi milik Marselino yang tembakannya masih mengarah ke kiper. Selanjutnya giliran sundulan Jay yang membentur mistar gawang.

Menjelang laga usai sempat terjadi insiden yang melibatkan pemain dari kedua kubu. Kiper Ernando berbenturan dengan Adrian Uglevik saat berduel di udara. Insiden itu cukup serius dan membuat para pemain berinisiatif mengelilingi keduanya, dan membuat mobil ambulans harus masuk ke lapangan untuk mengangkut pemain Filipina yang cedera.

Wasit asal Uzbekistan Rustam Lutfullin memberikan tambahan waktu normal selama tujuh menit. Pada sisa waktu yang ada tidak tercipta tambahan gol, dan tiket ke putaran ketiga kualifikasi Piala Dunia pun meluncur ke genggaman Indonesia.

Indonesia pernah bermain di putaran final Piala Dunia 1938, tapi saat itu masih bernama Hindia Belanda. Dan untuk format saat ini, Indonesia belum pernah melaju ke babak ketiga dengan laju terbaik sebelumnya terjadi pada kualifikasi Piala Dunia 1986, yaitu melaju ke putaran kedua.

Di putaran ketiga, Indonesia akan bersaing dengan 17 negara lainnya termasuk Jepang, Qatar, Korea Selatan, hingga Australia, untuk memperebutkan enam tempat lolos otomatis ke Piala Dunia 2026 yang dimainkan pertama kalinya di tiga negara, yaitu di Amerika Serikat, Kanada, dan Meksiko.

Sebanyak 18 tim di putaran ketiga akan dibagi tiga grup yang diisi enam tim dengan dua tim teratas dari setiap grup otomatis lolos ke Piala Dunia 2026.

Andaikan gagal menjadi juara dan runner up grup, Indonesia masih memiliki kesempatan lolos apabila menyelesaikan putaran ketiga di posisi ketiga atau keempat, karena dua posisi itu akan memainkan putaran keempat dan kelima untuk memperebutkan dua tiket otomatis tersisa dan satu tiket playoff.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyebut lolosnya Timnas Indonesia ke putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia untuk pertama kalinya merupakan sebuah sejarah.

Presiden yang turut menyaksikan secara langsung pertandingan tersebut bersama Ibu Negara Iriana Jokowi, mengatakan seluruh pecinta sepakbola di tanah air juga pasti merasa bangga atas capaian tersebut.

“Saya kira seluruh masyarakat pecinta sepakbola senang semua karena kita lolos dan bisa masuk ke ronde tiga kualifikasi sistem FIFA yang baru. Ini adalah sebuah sejarah, dan kita dengan sistem baru ini kita pertama kali masuk,” ujar Jokowi.

Selain lolos ke putaran ketiga, timnas Indonesia juga berhasil menggaransi satu tiket ke Piala Asia 2027.

Presiden pun sekali lagi mensyukuri capaian timnas dan mengapresiasi kerja keras para pemain yang bertanding pada Selasa malam.

“Ya semua kita syukuri yang lolos bisa masuk ke level yang lebih tinggi kita syukuri. Tetapi saya melihat kerja keras usaha keras dari para pemain tadi luar biasa,” kata Jokowi. 7 ant

Daftar susunan pemain:
Indonesia: Ernando Ari, Jay Idzes, Calvin Verdonk, Rizky Ridho, Nathan Tjoe-A-On, Justin Hubner, Asnawi Mangkualam, Marselino Ferdinan, Ragnar Oratmangoen, Thom Haye, Rafael Struick
Pelatih: Shin Tae-yong
 
Filipina: Kevin Mendoza, Scott Woods, Adrian Ugelvik, Jesper Nyholm, Santiago Rublico, Dylan Demunck, Michael Baldisimo, Kevin Ingreso, Patrick Reichelt, Alex Monis, Zico Bailey
Pelatih: Tom Saintfiet

Komentar