nusabali

SMPN 1 dan SMPN 3 Selat Berlomba Kepramukaan

  • www.nusabali.com-smpn-1-dan-smpn-3-selat-berlomba-kepramukaan

AMLAPURA, NusaBali - SMPN 1 Selat dan SMPN 3 Selat, Karangasem, mewakili Kwartir Ranting Gerakan Pramuka Kecamatan Selat ke Lomba Pionering KSC (Karangasem Scout Competition)  atau Lomba Kepramukaan Tingkat Kabupaten Karangasem di Lapangan Yowana Wijaya, Jalan Untung Surapati, Amlapura, Selasa (18/6). Regu SMPN 1 Selat berlomba di nomor putri dan SMPN 3 Selat di nomor putra.

"Ya, SMPN 1 Selat ditunjuk Kakwaran Gerakan Pramuka Kecamatan Selat, mewakili Kecamatan Selat, di nomor putri, kami sudah siap dan targetnya juara," jelas Kamabigus (Ketua Majelis Pembimbing Gugus) SMPN 1 Selat I Nengah Sikiarta di sela-sela memantau persiapan di SMPN 1 Selat, Banjar Gede, Desa Muncan, Kecamatan Selat, Karangasem, Selasa (11/6).

Selama persiapan, katanya, telah berinovasi membuat model pionering menggunakan 50 tongkat dan 50 tali, di bawah guru pembina I Komang Suwidnya dan Ni Nyoman Setiadewi.

Regu Kamboja SMPN 1 Selat dikoordinasikan komandan regu I Gusti Ayu Agung Kendran Apta Naraswari, secara teknis tidak ada kendala, dan siap berlomba. "Namanya juga berlomba, tentu saja targetnya juara," tambah pendidik dari Banjar Sukaluwih, Desa Amerta Bhuana, Kecamatan Selat, yang mantan Kasek SMPN 2 Selat dan SMPN 3 Selat.

Kasek SMPN 3 Selat I Komang Gede Sudarsana juga membenarkan sekolah yang dipimpinnya dapat kepercayaan dari Kwaran Gerakan Pramuka Kecamatan Selat, mewakili Kecamatan Selat di nomor regu putra di Lomba Pionering KSC Kabupaten Karangasem.

Regu SMPN 3 Selat di bawah koordinasi, I Ketut Wisnu Adiarta, dengan kepanduan Harimau, di bawah pembina I Wayan Arjana, telah siap mengikuti lomba.

"Kami juga telah siap mengikuti lomba pionering, siap bersaing sedapat mungkin agar mampu memanfaatkan peluang untuk menang," jelas Kasek SMPN 3 Salat I Komang Gede Sudarsana.

Sebelumnya dilaksanakan pemilihan peserta Lomba Pionering KSC di Kecamatan Abang,  regu putra dan putri SMPN 2 Abang berhak mewakili Kecamatan Abang di KSC Tingkat Kabupaten Karangasem, karena dari SMPN 2 Abang memenangkan seleksi. 

Ketua Kwartir Ranting Gerakan Pramuka Kecamatan Abang Ida Wayan Sugata, membenarkan hal itu. "Nanti dalam lomba untuk tingkat penggalang hanya melombakan pionering saja," katanya.

Wakil Kecamatan Bebandem dari SMPN 1 Bebandem. Kasek SMPN 1 Bebandem Dr Ni Wayan Parwati membenarkan dari Kecamatan Bebandem, SMPN 1 Bebandem dapat kepercayaan dari Kwaran Gerakan Pramuka Kecamatan Bebandem. "Kami ditunjuk mewakili Kecamatan Bebandem," kata Parwati.7k16

Komentar