nusabali

Seluruh Pertandingan Liga 1 Pakai VAR

  • www.nusabali.com-seluruh-pertandingan-liga-1-pakai-var

Sejauh ini, dana hampir Rp 100 miliar telah digelontorkan untuk investasi tersebut.

JAKARTA, NusaBali
PT Liga Indonesia Baru (LIB) memastikan Video Assistant Referee (VAR) akan digunakan secara menyeluruh pada Liga 1 2024/2025. Demi kemajuan sepakbola Indonesia.

VAR sudah sukses digunakan pada babak Championship Series Liga 1 2023/2024. Direktur Operasional PT LIB, Asep Saputra, mengaku puas atas keberhasilan implementasi VAR di Liga 1.

Musim depan, VAR akan digunakan sepanjang kompetisi Liga 1 2024/2025. Sehingga diperlukan persiapan untuk dapat mengakomodasi seluruh stadion sepakbola yang akan digunakan dalam pertandingan.

Dijelaskan Asep, biaya investasi yang dikeluarkan PT LIB cukup besar dalam pengadaan VAR ini. Sejauh ini, dana hampir Rp 100 miliar telah digelontorkan untuk investasi tersebut.

“Penggunaan VAR pada Championship Series Liga 1 2023/2024 yang terdiri dari delapan pertandingan telah menjadi titik awal dan menjadi momen bersejarah pada laga sepakbola Indonesia,” kata Asep Saputra.

“Angka yang dikeluarkan tidak kecil, namun demi meningkatkan kemajuan sepakbola Indonesia,kita membutuhkan berbagai inovasi termasuk penggunaan teknologi VAR,” ujarnya menambahkan.

Terlepas dari segi biaya, soal sumber daya manusia (SDM) dan edukasi juga menjadi hal wajib yang tidak dapat dikesampingkan. Sebab VAR bukan hanya tentang teknologi.

Sebelum penggunaannya perlu dilakukan pelatihan wasit, pembangunan infrastruktur, persetujuan resmi dari FIFA, serta edukasi bagi pelaku sepakbola secara keseluruhan.

“Kami terbantu dengan adanya momen penggunaan VAR pada laga timnas di Piala Asia U-23 Qatar beberapa waktu lalu. Sehingga awareness atau pengetahuan masyarakat terkait VAR jadi lebih meningkat,” pungkas Asep. 7 

Komentar