nusabali

10 Siswa SD Lolos ke OSN Provinsi Bali

  • www.nusabali.com-10-siswa-sd-lolos-ke-osn-provinsi-bali

AMLAPURA, NusaBali - 10 siswa SD (Sekolah Dasar) Karangasem lolos ke OSN (Olimpiade Sains Nasional) Tingkat Provinsi Bali. 10 siswa ini hasil dari seleksi OSN Kabupaten Karangasem dengan mata pelajaran IPA dan Matematika.

Kepala Bidang SD Disdikpora Karangasem I Gusti Bagus Jaya Arsana memaparkan, tiap mata pelajaran dicari 5 terbaik sehingga dengan dua mata pelajaran meloloskan 10 siswa terbaik mewakili Karangasem. "Ke-10 siswa itu kembali mengikuti pembinaan sebelum OSN Tingkat Provinsi Bali, 20 - 21 Juni," jelas  Bagus Jaya Arsana di kantornya, Jalan Veteran, Amlapura, Rabu (12/6).

Bagus Jaya Arsana menambahkan, OSN Tingkat Provinsi Bali nanti tetap secara online. Tempat OSN nanti masih dibicarakan dalam rapat berikutnya.

"Bisa saja, lokasi OSN di satu tempat, karena online. Tidak ada kendala, terpenting akses internet lancar," tambahnya.

Dia berharap, dari 10 siswa yang berlomba di OSN Tingkat Provinsi Bali, agar ada yang mampu menembus ke OSN Tingkat Nasional. "Targetnya kan lolos ke OSN Tingkat Nasional sehingga peserta dari Karangasem diperhitungkan," harapnya.

10 siswa terbaik yang dinyatakan lolos mewakili Karangasem dengan mata pelajaran IPA yakni I Komang Adi Surya Dana dari SDN 7 Bugbug, Kecamatan Karangasem, Kadek Arumi Putri Wardana dari SDN 6 Karangasem, Ni Ketut Iswari Astari Putri dari SDN 2 Karangasem, Ni Putu Ayu Suci Septiani Putri dari SDN 12 Karangasem dan Ni Putu Keisha Nathania Arsana dari SDN 4 Padangkerta, Kecamatan Karangasem.

Sedangkan 5 siswa yang lolos mata pelajaran Matematika yakni Afrilia Azzahra dari SDN 12 Karangasem, I Gede Keynan Arnanda Wistin dari SD Insan Mandiri Amlapura, I Gusti Ngurah Kecava Widnyana Putra dari SD Insan Mandiri Amlapura, I Putu Jay James Brooks dari SDN 5 Karangasem, dan Ni Kadek Kapitarianti Utami dari SDN 4 Padangkerta, Kecamatan Karangasem.

Tercatat tiga sekolah meloloskan masing-masing dua siswa, yakni SD Insan Mandiri, SDN 4 Padangkerta, dan SDN `12 Karangasem.

Kasek SDN 4 Padangkerta I Wayan Sarja mengapresiasi keberhasilan dua anak didiknya lolos ke OSN Tingkat Provinsi Bali. "Kami telah melakukan uji coba, dan  kembali melaksanakan pembinaan serta evaluasi dengan harapan agar lolos ke OSN Tingkat Nasional," harap I Wayan Sarja.

Dia menyadari, persaingan di OSN Tingkat Provinsi Bali semakin ketat. Lawan-lawannya adalah peserta terbaik dari sembilan kabupaten/kota se-Bali yang masing-masing meloloskan 5 siswa di tiap mata pelajaran.

Siswi kelas V/B SDN 4 Padangkerta Ni Putu Keisha Nathania Arsana mengaku sudah siap mengikut OSN Tingkat Provinsi Bali. "Berusaha, agar mampu meraih hasil terbaik," ujar alumnus TK Bintang Kejora Amlapura, yang juga lolos ke FLS2N (Festival Lomba Seni Siswa Nasional) Tingkat Provinsi Bali nomor menggambar bercerita. Kedua siswa SDN 4 Padangkerta di bawah binaan, Ni Wayan Suarmini.

Kasek SDN 7 Bugbug, Kecamatan Karangasem I Ketut Sandiyasa juga menyukuri salah satu siswanya lolos ke OSN Tingkat Provinsi Bali, mata pelajaran IPA siswa kelas V  atas nama I Komang Adi Surya Dana. "Ya, siswa kami lolos satu orang, semoga meraih hasil terbaik," ujar Sandiyasa.

Sebelumnya, Disdikpora Karangasem menggelar seleksi OSN Tingkat Kabupaten Karangasem, untuk mata pelajaran IPA (Ilmu Pengetahuan Alam) pesertanya 90 siswa dan matematika sebanyak 87 siswa, 27 Mei.7k16

Komentar