nusabali

STY Impikan Indonesia ke Piala Dunia

PSSI Longgarkan Jadwal Liga 1 Bantu Persiapan Timnas

  • www.nusabali.com-sty-impikan-indonesia-ke-piala-dunia

Kami lolos ke putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026. Tidak ada lawan yang mudah apalagi melihat ranking FIFA. Saya tetap akan berusaha mencapai mimpi saya. Kami tidak akan mudah menyerah.

JAKARTA, NusaBali
Pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong (STY) mengintip peluang lolos ke Piala Dunia 2026 di Kanada, Meksiko, dan Amerika Serikat, yang akan digelar pada 11 Juni-9 Juli 2026. Ya, Indonesia selangkah lebih dekat ke Piala Dunia 2026, usai lolos ke putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia.

Skuad Garuda itu jadi runner-up Grup F putaran kedua Kualifikasi Piala Dunia 2026. Sedangkan putaran ketiga akan berisikan 18 negara yang dibagi tiga grup. Masing-masing grup dihuni enam tim. Tiga juara dan tiga runner-up grup lolos langsung ke Piala Dunia 2026. Sedangkan tim peringkat ketiga dan keempat akan bermain lagi di putaran keempat.

"Memang kami sudah lolos ke putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026. Tidak ada lawan yang mudah bagi kami apalagi melihat ranking FIFA," ujar Shin Tae-yong.

Berdasarkan ranking FIFA pada 4 April 2024, Indonesia menduduki posisi ke-134 alias menjadi tim terendah kedua di putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 setelah Kuwait di peringkat ke-139.

“Saya tetap akan berusaha mencapai mimpi saya. Kami tidak akan mudah menyerah," kata pelatih yang menangani Timnas Korea Selatan di Piala Dunia 2018 Rusia.

So, langkah pertama STY yakni mengevaluasi penampilan lini depan tim Garuda yang masih bermasalah. Dia mengaku tidak dapat memberikan nillai yang baik pada lini depan. Dia justru menginginkan para pemain depan harus mengevaluasi diri sendiri dengan baik. Dia juga akan terus mencari para pemain depan yang baik

“Tidak ada lawan mudah, apalagi peringkat FIFA kita 134, lawan-lawan kita lebih baik, dan kita tim paling lemah dari (tim-tim) yang sudah lolos ke putaran ketiga. Tetapi mimpi saya, akan berusaha mencapainya, tidak akan menyerah (untuk dapat lolos ke Piala Dunia),” kata pelatih asal Korea Selatan itu.

Sementara itu, Ketua Umum PSSI Erick Thohir berharap tim nasional Indonesia diberi kesempatan lolos ke Piala Dunia 2026. Dia juga memuji semangat juang pemain Indonesia. Menurutnya, hasil tersebut juga tidak terlepas dari performa impresif tim Merah Putih pada Piala Asia U-23 lalu yang hampir memastikan satu tiket Olimpiade Paris 2024.

"Malam ini Timnas Indonesia mengukir sejarah dengan format FIFA yang terbaru; kita berhasil lolos ke Babak Ketiga dalam kualifikasi Piala Dunia 2026, sekaligus mengamankan tempat di Piala Asia 2027," jelas Erick Thohir.

Lebih jauh Erick Thohir juga memastikan jadwal Liga Indonesia memberi kelonggaran persiapan timnas Indonesia di babak ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026. Mantan Presiden Inter Milan itu telah mengkomunikasikan dengan PT LIB, selaku operator liga, untuk memberikan waktu jeda agar skuad Garuda mampunyai persiapan tiga atau empat hari jelang di pertandingan babak ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026. 

Ya, tim Garuda mengamankan tiket ke putaran ketiga kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia, setelah menang 2-0 atas tamunya Filipina. Indonesia di posisi kedua di klasemen akhir Grup F, dengan 10 poin, terpaut 8 angka dari pimpinan klasemen Irak, dengan 18 poin alias sapu bersih, usai mengalahkan Vietnam 3-1 di laga pamungkas. Vietnam di posisi ketiga dengan enam poin, dan Filipina sebagai juru kunci dengan satu poin.

Di putaran ketiga, Indonesia akan bersaing dengan 17 negara Asia, untuk memperebutkan enam tempat lolos otomatis ke Piala Dunia 2026 di Amerika Serikat, Kanada, dan Meksiko. 

Ke-18 tim itu dibagi tiga grup yang diisi enam tim dengan dua tim teratas setiap grup otomatis lolos ke Piala Dunia 2026. Indonesia jadi satu-satunya negara Asia Tenggara yang lolos ke putaran ketiga.

Indonesia diprediksi masuk pot enam atau pot terakhir undian putaran ketiga. Selain Indonesia (peringkat 134 FIFA), negara yang juga menghuni pot enam adalah Korea Utara (peringkat 118 ) dan Kuwait (139). Sedangkan pot satu akan diisi Jepang (18), Iran (20), dan Korea Selatan (23). Pot kedua Australia (24), Qatar (34), dan Irak (58).

Pot ketiga Arab Saudi (53), Uzbekistan (64), dan Yordania (71). Pot keempat Uni Emirat Arab(67), Oman (77), dan Bahrain (80). Pot kelima China (88), Palestina (93), dan Kirgistan (100). Drawing putaran ketiga akan digelar di Kuala Lumpur, Malaysia, 27 Juni 2024. ant

Komentar