nusabali

KPU Gianyar Rekrut 1.515 Pantarlih untuk Pilkada Serentak

  • www.nusabali.com-kpu-gianyar-rekrut-1515-pantarlih-untuk-pilkada-serentak

GIANYAR, NusaBali - Semakin dekatnya perhelatan Pilkada Serentak 2024, KPU Kabupaten Gianyar melakukan proses pemutakhiran data pemilih. Dalam mendukung proses ini, KPU Gianyar akan merekrut Pantarlih (Petugas Pemutakhiran Data Pemilih) sebanyak 1.515 orang.

Pantarlih akan bertugas di 872 TPS (Tempat Pemungutan Suara) yang tersebar di 7 kecamatan di seluruh wilayah Kabupaten Gianyar.

Anggota KPU Gianyar /Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih, Partisipasi Masyarakat dan SDM (Sosdiklih Parmas SDM) Gusti Bagus Agung Swandhita mengatakan bahwa pengumuman pendaftaran pantarlih dimulai pada 13 hingga 17 Juni 2024. Kemudian berkas pendaftaran akan diterima sampai dengan 19 Juni 2024.  

“Setelah berkas diserahkan, kita akan lakukan penelitian administrasi mulai dari 14 sampai dengan 20 Juni 2024. Hasilnya nanti kita umumkan pada 21 sampai 23 Juni melalui website maupun sosial media KPU Gianyar,” ujar Bagus Swandhita dihubungi di Gianyar, Rabu (12/6). 

Bagus Swandita juga menjelaskan bahwa Pantarlih akan dilantik secara serentak pada 24 Juni 2024 dan akan langsung diberi bimtek (bimbingan teknis). Selanjutnya akan langsung melakukan coklit (pencocokan dan penelitian) di wilayah kerjanya masing-masing. 

Diketahui sebanyak 1.515 orang Pantarlih nantinya akan bertugas melakukan coklit data pemilih berdasarkan data DP4 (Daftar Penduduk Potensial Pemilih Pemilihan) yang sudah diturunkan oleh KPU RI berdasarkan hasil penyandingan data DPT Pemilu 2024 dengan data penduduk dari Kementerian Dalam Negeri. 

“Pantarlih nanti akan menandai apakah pemilih yang tercantum dalam DP4 itu MS (Memenuhi Syarat) atau TMS (Tidak Memenuhi Syarat). Begitupula dengan yang belum masuk dalam daftar pemilih nanti akan dimasukkan oleh Pantarlih melalui aplikasi e-Coklit,” imbuh Bagus Swandita. 

Sementara Anggota KPU Kabupaten Gianyar Divisi Perencanaan, Data dan Informasi Dewa Ngakan Nyoman Suardita mengingatkan pentingnya rekrutmen Pantarlih ini. Karena Pantarlih akan melakukan proses pemutakhiran data pemilih yang merupakan tahapan penting dalam menunjang proses pemilihan kepala daerah di Kabupaten Gianyar di Pilkada 2024 ini.  Pantarlih bekerja agar tidak ada pemilih yang tercecer dalam Pilkada di Kabupaten Gianyar nanti. 

“Kita harap saat pantarlih sudah dilantik sudah pasti akan melaksanakan pemutakhiran data pemilih, kita harapkan pantarlih untuk bekerja dengan teliti dan berhati-hati dan tetap mengacu pada basis dejure, sehingga output nya nanti di dapat data yang benar-benar akurat dan pasti,” ujar Suardita. 

Dari pemutakhiran ini diharapkan pemilih semuanya dapat memberikan hak pilihnya pada 27 November 2024 mendatang untuk memilih Calon Gubernur dan Calon Wakil Gubernur Bali, serta Calon Bupati dan Calon Wakil Bupati Gianyar. nvi

Komentar