nusabali

DiskopUKMP Gelar ‘Badung UMKM Week 2024 Batch I’

  • www.nusabali.com-diskopukmp-gelar-badung-umkm-week-2024-batch-i

MANGUPURA, NusaBali - Setelah sebelumnya mengikuti proses kurasi, sebanyak 32 UMKM di Kabupaten Badung berkesempatan untuk mengikuti Badung UMKM Week 2024 Batch I di Fountain Stage Beachwalk Shopping Mall Kuta, Rabu (12/6). Pameran ini akan berlangsung selama satu minggu atau hingga 18 Juni 2024.

Kegiatan Badung UMKM Week Tahun 2024 Batch I dibuka secara seremonial melalui pemotongan pita dan pemukulan gong oleh Kepala Dinas Koperasi UMKM dan Perdagangan (DiskopUKMP) Kabupaten Badung I Made Widiana, mewakili Bupati Badung I Nyoman Giri Prasta. Pembukaan turut disaksikan OPD terkait, perwakilan HIPMI Kabupaten Badung, HIPPINDO Bali, Inkubator Bisnis Universitas Udayana dan Primakara University, serta peserta pameran.

Kegiatan yang ditunjukan bagi para pelaku UMKM tersebut tahun ini mengusung tema ‘UMKM Maju Ekonomi Semakin Tangguh’. “Atas nama Bupati dan Pemerintah Kabupaten Badung, saya menyambut baik dan sangat mengapresiasi penyelenggaraan pameran ini,” ujar Widiana.

“Melalui pameran ini diharapkan dapat lebih memperkenalkan potensi produk-produk UMKM di Kabupaten Badung, terutamanya produk unggulan yang memiliki kualitas baik dan memenuhi standar serta sesuai dengan kebutuhan pasar global pada umumnya. Ke depan semoga event seperti ini dapat lebih ditingkatkan dan dilaksanakan secara berkelanjutan,” harapnya.

Widiana menambahkan, DiskopUKMP Badung memilik tugas dari hulu sampai hilir dalam memfasilitasi UMKM yang ada di Kabupaten Badung, mulai dari perizinannya, keterampilan pembuatan produknya, termasuk branding terkait dengan pemasarannya. “Kami berharap dengan kemandirian UMKM, niscaya akan bangkit dan kuat. Salah satu contoh saat Covid-19, hanya UMKM yang dapat bertahan di tengah gempuran permasalahan yang ada,” sebutnya.

Sementara, Kepala Bidang Kewirausahaan dan UMKM DiskopUKMP Badung I Made Wirya Santosa, menjelaskan melalui tema ‘UMKM Maju Ekonomi Semakin Tangguh’ diharapkan jaringan UMKM Badung akan semakin luas, sehingga dapat lebih dikenal sampai tingkat internasional. Menurutnya, UMKM memiliki kontribusi yang sangat besar dalam pembangunan perekonomian nasional, terlebih khusus lagi perekonomian daerah di Kabupaten Badung.

Wirya menyampaikan, tujuan diadakannya Pameran Badung UMKM Week 2024 Batch I adalah untuk memperkenalkan produk UMKM Badung kepada masyarakat luas, baik masyarakat nusantara maupun mancanegara. “Serta untuk memicu kreatifitas pelaku UMKM untuk selalu berinovasi dalam membuat produk agar dapat bersaing di pasar yang lebih luas,” ujarnya. @ ind

Komentar