nusabali

10 SD Dibantu Ruang Laboratorium Komputer

  • www.nusabali.com-10-sd-dibantu-ruang-laboratorium-komputer

BANGLI, NusaBali - 10 SD dan 1 SMP di Bangli mendapat bantuan ruang laboratorium komputer tahun 2024. Selama ini sarana labolatorium komputer untuk pendidikan dasar di Bangli masih sangat minim. Hal tersebut diakui Kabid Pembinaan Pendidikan Dasar (Dikdas) Disdikpora Bangli Ida Bagus Maha Arta.

Kata IB Maha Arta di era digital ini penguasaan teknologi informasi merupakan sebuah keterampilan penting dan harus dikuasi para siswa. Dengan keberadaan labolarium komputer para siswa nantinya  bisa belajar menggunakan komputer dan mengakses informasi. "Keberadaan labolatorium komputer sangat penting di tengah kemajuan teknologi seperti saat ini,” jelasnya, Kamis (13/6)

Diakui, saat ini banyak SD yang belum memiliki labolatorium komputer. Berbeda dengan SMP yang hampir sebagian besar telah memilki ruang tersebut. Tahun 2024, melalui Dana Alokasi Khusus (DAK)  ada 10  SD dan 1  SMP mendapat bantuan pembangunan ruang labolatorium komputer berikut perabotannya. Untuk pembangunan itu, tiap sekolah dialokasikan  anggaran Rp 266.998.000. 

Salah satu contoh sekolah yang dapat bantuan pembangunan ruang labolatorium komputer yakni SMPN 4 Tembuku dan SD Negeri 2 Abuan. "Kegiatan sudah masuk tahap tender dan dalam waktu dekat proses pengerjaan bisa terlaksana,” ungkapnya.  

Lanjut dia, anggaran DAK yang diterima untuk SD Rp 11 milar lebih dan SMP Rp 3,2 miliar. Selain untuk pembangunan ruang laboratorium komputer, anggraan   juga untuk pembangunan ruang UKS, rehabilitasi ruang kelas, ruang guru dan kepala sekolah, serta rehabilitasi toilet.

"Pada tahun 2022 kami mendapat bantuan dari pusat berupa piranti teknologi informasi dan komunikasi (TIK) sebanyak 130 paket, Bantuan yang diterima berupa chromenbook  dan telah disalurkan ke 15 sekolah," imbuhnya.7esa

Komentar