nusabali

Kembangkan Teknologi 3A, Infomedia Catat Kinerja Gemilang 2023

  • www.nusabali.com-kembangkan-teknologi-3a-infomedia-catat-kinerja-gemilang-2023

JAKARTA, NusaBali.com - PT Infomedia Nusantara (Infomedia) membukukan kinerja gemilang di tahun 2023 dengan raihan laba bersih 217% atau tumbuh 30% dibandingkan tahun sebelumnya. Pencapaian luar biasa anak usaha PT Telkom Indonesia ini diiringi dengan pencapaian revenue 122% dan EBITDA 109% dari target perusahaan.

Direktur Utama Infomedia, Eddy Sofryano, mengungkapkan bahwa pencapaian ini merupakan hasil dari strategi perusahaan dalam menghadirkan produk dan teknologi inovatif yang bernilai bagi pelanggan. Salah satu fokus utama Infomedia adalah pengembangan kapabilitas Automatic, AI, dan Analytics (3A) untuk memperkuat portofolio Business Process Outsourcing (BPO) digital.

Pemanfaatan teknologi 3A memungkinkan Infomedia untuk meningkatkan kualitas customer experience dalam operasional perusahaan. Hal ini terlihat dari lonjakan interaksi digital pada channel CRM sebesar 28% dan transaksi digital SSO 18% dibandingkan tahun sebelumnya.

“Penguatan kapabilitas 3A diterapkan dalam pengelolaan saluran pelanggan melalui AI Contact Center hingga pengelolaan dokumen pada portofolio CRM. Sedangkan pada portofolio SSO, penggunaan 3A telah terimplementasi melalui otomatisasi pengelolaan proses bisnis pada fungsi keuangan dan rekrutmen,” jelas Eddy pada Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan 2024 Infomedia, Rabu (29/5) lalu..

Implementasi teknologi 3A di tahap awal ini telah menunjukkan hasil positif, seperti percepatan proses dan peningkatan keakuratan. Pada proses CRM, AI Contact Center mampu memberikan respon yang lebih cepat, mengurangi interaksi spam hingga 100%, dan meningkatkan produktivitas agen.

Selain meningkatkan efisiensi dan efektivitas, teknologi 3A juga mendukung Infomedia dalam mewujudkan komitmen terhadap kelestarian lingkungan. Salah satunya melalui solusi Doc.AI, platform pemrosesan dokumen cerdas yang mampu mengotomatisasi ekstraksi data, klasifikasi, dan verifikasi dokumen.

Doc.AI telah digunakan dalam proses rekrutmen massal Infomedia untuk perusahaan BUMN, dengan proyeksi penghematan kertas setara 4.991 pohon dan pengurangan emisi 3.195 Ton.

“Infomedia akan terus proaktif dalam mengembangkan solusi inovatif yang selaras dengan kebutuhan industri dan berkomitmen terhadap kelestarian lingkungan,” pungkas Eddy.

Kinerja Positif Infomedia menjadi bukti nyata komitmen perusahaan dalam menghadirkan solusi digital yang bernilai bagi pelanggan dan berkontribusi pada kelestarian lingkungan.

Komentar