nusabali

Bupati Sanjaya Angkat Potensi Teh Gonda

  • www.nusabali.com-bupati-sanjaya-angkat-potensi-teh-gonda

TABANAN, NusaBali - Bupati Tabanan Komang Gede Sanjaya kembali melaksanakan kegiatan Ngantor di Desa atau program Bungan Desa. Terbaru, kegiatan Ngantor di Desa ke - 50 ini dilaksanakan di Desa Bongan, Kecamatan Tabanan, Jumat (14/6).

Dalam kesempatan itu Bupati Sanjaya mengangkat potensi Desa Bongan yakni Teh Gobo yang terbuat dari sayur gonda. Sayur Gonda adalah sayur khas Tabanan terutama di Desa Bongan. Selain bertani menanam padi, sebagian masyarakat Desa Bongan adalah petani sayur gonda. Sayur Gonda di Tabanan terkenal dengan sayur yang tidak pahit jika dimasak. 

Bupati Sanjaya menegaskan bakal mendukung penuh potensi desa terutama Teh Gobo yang dikembangkan oleh masyarakat. Apalagi Teh Gobo ini unik terbuat dari gonda yang biasanya gonda dijadikan untuk sayuran. "Kami akan dukung penuh potensi ini sebagai ciri khas dari Desa Bongan," jelasnya. 


Menurutnya, kegiatan Ngantor di Desa ini menjadi langkah nyata untuk mengetahui potensi desa sebenarnya. Tak hanya itu Ngantor di Desa menjadi bagian dari menyatukan program-program antaran Bupati Tabanan dan pemerintah desa. "Kalau dua pemimpin ini semua saling gotong-royong melayani masyarakat, semua pelayanan masyarakat baik menyangkut stunting, kemiskinan ekstrem, infrastruktur, pembangunan khayangan dan lain-lain. Astungkara, percepatan proses pembangunan di Kabupaten Tabanan bisa dilaksanakan dengan baik," imbuhnya. 

Sebelumnya, Teh Gobo ini dibuat oleh I Nengah Makir warga dari Banjar Bongan Kangin, Desa Bongan, Kecamatan Tabanan. Teh ini telah dikembangkan sejak tahun 2019 berawal dari rasa coba-coba atau ingin berinovasi terhadap sayur gonda yang melimpah di desanya.
Awal-awal inovasi yang dibuat ternyata belum mendapatkan rasa yang pas. Setiap hasil produksi selalu rasanya pahit. Bersama timnya, Makir berusaha memecahkan masalah tersebut hingga mencari pendamping ke salah satu universitas di Bali. Begitu gonda direbus dua kali baru menemukan rasa pas. 

Proses pembuatan sayur gonda ini untuk bisa sebagai teh adalah dengan memanfaatkan daunnya saja. Prosesnya dimulai dari daun gonda yang sudah dicuci bersih tersebut kemudian direbus selama 5 menit. Rebusan ditiris kemudian  dijemur di bawah sinar matahari dalam kurun waktu 2- 3 hari. Hasil dari penjemuran tersebut dipilih lagi dengan cara hanya memilih daun yang memiliki tingkat kekeringan tinggi. Daun gonda kering ini lanjut dikemas sebagai produk siap jual.

Penyajian teh sayur gonda ini mirip dengan cara minum teh masyarakat di Cina. Caranya, daun teh dituangkan ke cangkir kemudian disiram dengan air hangat untuk kemudian siap untuk diminum.7des

Komentar