nusabali

4 Siswa SMAN 2 Amlapura Lolos di Fakultas Kedokteran

  • www.nusabali.com-4-siswa-sman-2-amlapura-lolos-di-fakultas-kedokteran

AMLAPURA, NusaBali - Empat siswa SMAN 2 Amlapura diterima kuliah di Fakultas Kedokteran (FK) Unud dan FK Undiksha Singaraja. Kelolosan siswa ini melalui jalur seleksi nasional berbasis test.

‘’Kami dapat laporan dari siswa, ada empat siswa diterima kuliah di fakultas kedokteran," jelas Kasek SMAN 2 Amlapura I Wayan Puja Astawa, didampingi Wakasek Kesiswaan I Ketut Artana dan Wakasek Humas Ni Luh Sudewi di rung kerjanya, Jalan Untung Surapati Amlapura, Jumat (14/6).

Keempat siswa itu, kata Puja Astawa, yakni I Komang Ngurah Prama Pradnyana kelas XII IPA1 di FK Unud, I Gede Surya Baskara Darma kelas XII IPA1 di FK Unud, Ni Putu Esta Cantika Aprilia kelas XII IPA5 FK Undiksha Singaraja, dan I Gusti Lanang Ngurah Yoga Saputra kelas XII IPA3 Fakultas Kedokteran Gigi Unud. Satu lagi siswa atas nama Ni Nyoman Rahayu Sri Widani kelas XII IPA 3 lulus di Fakultas MIPA (Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam) jurusan Farmasi Unud.

"Jadi, ada tiga siswa lulus di diterima di fakultas kedokteran umum, dan satu siswa lulus di Fakultas Kedokteran Gigi," katanya. Prestasi itu bagi Puja Astawa cukup membanggakan keluarga besar SMAN 2 Amlapura. Prestasi ini pula dapat memotivasi adik-adik kelasnya agar meneruskan prestasi itu di tahun-tahun mendatang.

Sebelumnya, katanya, ada 63 siswa lolos melalui jalur SNBP (Seleksi Nasional Berbasis Prestasi) dan beberapa yang lolos di sekolah kedinasan. "Kami masih merinci datanya, terutama anak-anak yang lolos di sekolah kedinasan. Sampai saat ini belum ada laporannya. Sedangkan yang lolos melalui seleksi berbasis tes juga belum lengkap laporannya dari siswa," tambahnya.

Wakasek Kesiswaan I Ketut Artana juga mengatakan, potensi lulusan SMAN 2 Amlapura banyak yang berbakat di bidang akademik. Karena pembinaan dari awal telah dioptimalkan. "Tahun depan sedapat mungkin berupaya agar lebih banyak siswa diterima di fakultas kedokteran, karena fakultas ini jadi favorit siswa," harapnya. Jelas dia, bukan berarti fakultas lain tidak kalah penting. Sebab, pilihan jurusan saat kuliah tergantung minat dan kemampuan siswa.

Paling tidak, jelasnya, agar lebih banyak anak-anak diterima kuliah melalui SNBP sehingga dari tahun ke tahun ada peningkatan. Wakasek Humas Ni Luh Sudewi menambahkan jelang tahun ajaran baru sekolah selalu menggelar workshop untuk mempersiapkan kualitas tenaga pendidik. ‘’Dengan harapan kualitas pendidikan di akhir tahun ajaran meningkat," kata Sudewi.

Untuk diketahui, SMAN 2 Amlapura masuk kelompok sekolah berindeks integritas terbaik di Bali.7k16

Komentar