nusabali

Ciptakan Pariwisata Tangguh, BPBD Bali Sosialisasi Sertifikasi Kesiapsiagaan Bencana

  • www.nusabali.com-ciptakan-pariwisata-tangguh-bpbd-bali-sosialisasi-sertifikasi-kesiapsiagaan-bencana

DENPASAR, NusaBali - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Bali mengadakan sosialisasi Sertifikasi Kesiapsiagaan Bencana (SKB) bertempat di Sanur Resort Watu Jimbar, Denpasar, Jumat (14/6). Kegiatan dihadiri seluruh perwakilan konsul negara sahabat di Bali.

Kepala Pelaksana BPBD Bali I Made Rentin, mengatakan Bali sebagai destinasi utama wisatawan domestik dan dunia penting memiliki kesadaran terhadap bencana. 

Sertifikasi Kesiapsiagaan Bencana (SKB) adalah bukti keseriusan dan komitmen Pemerintah Provinsi Bali melalui BPBD Bali dalam menciptakan pariwisata tangguh bencana. 

“Multiheliks diharapkan dapat membantu pemerintah dalam menciptakan ketangguhan,” ujarnya. 

Sosialisasi ini dihadiri oleh Konsul Jenderal China, Konsul Kehormatan Polandia, Konsul Kehormatan Romania, Konsul Kehormatan Spanyol, Per Acting Konsul Kehormatan Kolombia, Pro Konsul Inggris, dan Perwakilan Konsul Negara Prancis, Meksiko, Swiss, Timur Leste, Ceko, Belanda, Australia, Rusia, Finlandia, Amerika Serikat, Hungaria, Korea Selatan, Jepang. 

Rentin menjelaskan salah satu tujuan diadakan sosialisasi ini yaitu untuk mendapatkan dukungan dari para konsul untuk berkolaborasi dalam menciptakan pariwisata tangguh bencana di Bali. Salah satunya dengan Si Kencana Duta Bali atau Sertifikasi Kesiapsiagaan Bencana (SKB) untuk Dunia Usaha Pariwisata. 

“SKB penting karena dapat mengubah paradigma respons pada tanggap darurat menjadi preventif sebelum terjadi bencana,” jelas Rentin. 

Sebagai bentuk percepatan SKB, akan dibentuk Forum Multisektor untuk mempererat kemitraan. Deklarasi Forum Komunikasi Multisektor SKB akan dilaksanakan pada Kamis, 20 Juni 2024 mendatang.

Selain Kalaksa BPBD Bali, kegiatan sosialisasi juga menghadirkan narasumber dari Dinas Pariwisata Provinsi Bali yang diwakili Kepala Bidang Industri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Ida Ayu Nyoman Chandrawati. 7 a 

Komentar