nusabali

Pemerintah Desa Duda Bantu Beasiswa di Tiga Sekolah Dasar

  • www.nusabali.com-pemerintah-desa-duda-bantu-beasiswa-di-tiga-sekolah-dasar

AMLAPURA, NusaBali - Pemerintah Desa Duda, Kecamatan Selat, Karangasem, menyalurkan bantuan beasiswa untuk siswa dari 3 SD. Beasiswa ini untuk siswa kurang mampu dan siswa berprestasi berupa buku tabungan.

Seluruh siswa diundang menerima bantuan itu, yakni 54 siswa berprestasi dan 12 siswa kurang mampu. Perbekel Duda I Wayan Dulur, didampingi Kaur Keuangan Ni Kadek Suniantari, langsung menyerahkan bantuan beasiswa itu di Aula Kantor Desa Duda, Banjar/Desa Duda, Kecamatan Selat, Karangasem, Jumat (14/6).

“Ini beasiswa kami bagikan secara rutin setiap tahun, bersumber dari dana desa,” jelas Perbekel Duda I Wayan Dulur. Program beasiswa itu diluncurkan, katanya, untuk memotivasi siswa agar lebih optimal belajar dan lebih optimal berprestasi. Begitu juga untuk siswa kurang mampu agar lebih termotivasi belajar sehingga mampu menamatkan sekolahnya. Selain itu, menghindari siswa putus sekolah.

Di Desa Dua ada 3 SD. Siswa yang mendapatkan beasiswa berprestasi untuk juara I, II dan III di tiap Angkatan. Oleh karena itu, tiap SD ada 18 siswa berprestasi, kelas I, kelas II, kelas III, kelas IV, kelas V dan kelas VI. Beasiswa untuk peraih juara I mendapatkan Rp 400.000, juara II Rp 350.000, dan juara III Rp 300.000. “Jadi dengan cara memberikan bantuan beasiswa, siswa yang berprestasi itu termotivasi untuk mempertahankan gelar juara," katanya.

Siswa dari keluarga kurang mampu yang mendapatkan beasiswa dari SD 1 Duda ada 4 siswa, yakni I Putu Banes Saputra, I Putu Juna Sudiarta, Ni Putu Masya Cahya Pramesti dan Ni Kadek Meisya. Sedangkan 4 siswa untuk SDN 2 Duda yakni I Gusti Agung Nitya Ananda Putra, I Made Agus Widia Putra, I Komang Kresna Ariawan dan I Putu Krisna Antara. Empat siswa untuk SDN 3 Duda yakni I Nyoman Bagus Revindra Vas, Ni Wayan Bela Lestisya, Ni Kadek Ayu Widya Cahyani dan Ni Kadek Widiastuti.

“Khusus untuk beasiswa untuk siswa kurang mampu telah melalui survei, sehingga siswa yang benar-benar membutuhkan mendapatkan bantuan tersebut untuk bekal sekolah,” katanya.

Selama survei, katanya, pihaknya berkoordinasi dengan kelian banjar dinas, di 8 banjar dinas, sehingga bantuan disalurkan tepat sasaran. Kata Wayan Dulur, sebenarnya cukup banyak siswa kurang mampu layak dapat bantuan. Tetapi berdasarkan survei hanya 4 siswa tiap SD yang mendapatkan.

Sebab kendalanya karena terbatasnya anggaran sehingga hanya 4 siswa tiap SD yang dapat beasiswa kurang mampu. Banyaknya warga dari keluarga kurang mampu, katanya, disebabkan Covid-19. Mudah-mudahan dengan adanya bantuan beasiswa lebih semangat sekolah sehingga mampu meringankan beban orangtuanya,” tambah penyanyi pop Bali,’’ tersebut.7k16

Komentar