nusabali

KPU Buka Rekrutmen Pantarlih

iapkan Data Pemilih Pilkada Buleleng

  • www.nusabali.com-kpu-buka-rekrutmen-pantarlih

SINGARAJA, NusaBali - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Buleleng membuka rekrutmen Petugas Pemutakhiran Data Pemilih (Pantarlih) untuk Pilkada 2024. Sedikitnya ada 2.260 orang Pantarlih yang diperlukan untuk menyiapkan data pemilih di Buleleng.

Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih, Partisipasi Masyarakat, dan SDM, Putu Arya Suarnata, Jumat (14/6) kemarin, mengatakan proses pendaftaran pantarlih sudah dibuka sejak Kamis (13/6) dan akan berlangsung hingga Rabu (19/6) mendatang. Arya menyebut jumlah pantarlih disesuaikan dengan jumlah Daftar Penduduk Potensial Pemilih Pemilihan (DP4) di masing-masing Tempat Pemungutan Suara (TPS). 

Dalam aturan pelaksanaan Pilkada 2024, di Buleleng akan ada 1.171 TPS tersebar di 148 desa/kelurahan wilayah Buleleng. Rata-rata 1 TPS akan ada 800 pemilih yang akan dimutakhirkan datanya oleh dua Pantarlih. 

“Pantarlih bertugas memutakhirkan DP4 yang keluar dari Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) menjadi Daftar Pemilih Sementara (DPS) dan kemudian berproses menjadi Daftar Pemilih Tetap (DPT),” terang Arya. 

Sementara itu syarat  yang harus dipenuhi calon pantarlih sangat sederhana. Yakni merupakan Warga Negara Indonesia (WNI) minimal berusia 17 tahun, berpendidikan minimal SMA, sehat jasmani dan rohani. Selain juga tidak sedang menjadi anggota partai politik selama 5 tahun terakhir. 

Seluruh proses perekrutan Pantarlih akan dilakukan oleh PPS di masing-masing desa/kelurahan, sesuai dengan jadwal yang telah disiapkan. Setelah terpilih dan resmi dilantik, petugas pantarlih akan bekerja selama sebulan penuh dari tanggal 24 Juni hingga 25 Juli 2024. 

Komisioner KPU asal Desa Banyupoh, Kecamatan Banjar ini berharap Pantarlih yang direkrut PPS mempertimbangkan peserta yang cakap dengan gadget dan paham wilayah. Hal ini menjadi prioritas utama untuk membantu proses coklit data pemilih berjalan dengan cepat dan lancar.7 k23

Komentar