nusabali

Peparnas Digeser ke Solo

  • www.nusabali.com-peparnas-digeser-ke-solo

JAKARTA, NusaBali - Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Dito Ariotedjo melakukan Rapat Terbatas (Ratas) dengan Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengenai persiapan PON (Pekan Olahraga Nasional) 2024 Aceh-Sumatera Utara (Sumut) dan Pekan Paralimpik Nasional (Peparnas) di Istana Merdeka, Jakarta, Kamis (13/6).

Dalam Ratas tersebut, menyetujui Perpasna digeser di Surakarta (Solo), Jawa Tengah, karena Medan dan Sumatera Utara belum siap.

"Pelaksanaan Peparnas 2024 sesuai permohonan dan permintaan NPC (National Paralympic Committee) Indonesia. Kami setuju untuk tuan rumah Peparnas 2024 di Surakarta. Kami ini, langsung persiapan, Insya Allah dilaksanakan 6-13 Oktober," ujar Dito Ariotedjo, Jumat (14/6).

NPC Indonesia memohon agar penyelenggaraan Peparnas di Surakarta, karena tempat itu baru saja menjadi tuan rumah ASEAN Para Games 2022. Sebab seluruh venue  dan peralatan sudah tersedia di Surakarta.

Soal anggaran pemerintah akan menyiapkan. Begitu pula dengan semua kebutuhan PON dan Peparnas disiapkan. Pemerintah juga akan membentuk Satgas pemantauan dan percepatan PON dan Peparnas.

Sedangkan Wasekjen NPC Indonesia, Rima Ferdianto, membenarkan keputusan tersebut. Sebab, Sumatera Utara tidak siap melaksanakan kejuaraan nasional untuk disabilitas.

Kini NPC tinggal menunggu SK terbaru dari Menpora terkait penetapan Solo dan kabupaten sekitarnya sebagai venue Peparna. Selain itu, kata Rima, Menpora menyatakan, anggaran akan dipenuhi semuanya dari APBN. k22

Komentar