nusabali

Koeman Ragukan Lewandowski Absen

Duel Belanda Kontra Polandia, Minggu Malam

  • www.nusabali.com-koeman-ragukan-lewandowski-absen

Saya selalu ragu apakah Lewandowski akan berpartisipasi. Saya rasa pekerjaan saya tidak akan menjadi lebih mudah jika Lewandowski tak bermain melawan kami. Mungkin saja lebih mudah untuk para pemain.

BERLIN, NusaBali
Polandia tanpa kapten tim Robert Lewandowski menghadapi Belanda pada matchday 1 Grup D Euro 2024, di Volksparkstadion, Hamburg, Minggu (16/6) malam, pukul 21.00 Wita. Meski demikian, pelatih Belanda Ronald Koeman meragukan Lewandowski absen.

Ya, Lewandowski, cedera dalam laga ujicoba kontra Turki, Senin (10/6). Lewandowski hanya bermain 33 menit saat Polandia menang 2-1 atas Turki. Hasil pemeriksaan menunjukkan ada masalah paha yang diderita bomber Barcelona itu.

Polandia pun mengumumkan Lewandowski harus menepi di laga pembuka menghadapi Belanda. Dia baru dapat dimainkan pada laga berikutnya kontra Austria.

Namun kabar cederanya Lewandowski ditanggapi skeptis Ronald kubu Belanda. Koeman menilai eks pemain Bayern Muenchen itu masih berpeluang tampil sebagai kejutan, mengingat betapa pentingnya diri Lewandowski di skuad Polandia.

"Saya tidak tahu, kita akan lihat hari Minggu apakah dia bermain atau tidak. Saya selalu ragu apakah Lewandowski akan berpartisipasi," kata Koeman, jelang duel Polandia vs Belanda, Sabtu.

"Saya rasa pekerjaan saya tidak akan menjadi lebih mudah jika Lewandowski tak bermain melawan kami. Mungkin saja [lebih mudah] untuk para pemain," kata Koeman.

Meski begitu, Koeman mengakui, Lewandowski seorang striker hebat dan telah memainkan 150 laga untuk Polandia. Bagi Koeman, catatan itu cukup menunjukkan betapa pentingnya Lewandowski bagi Polandia.

Meski demikian, harus diakui Polandia inferior di hadapan Belanda. Sejak tahun 1979, Polandia belum pernah sekali pun menang atas Belanda.

Polandia dan Belanda sama-sama menang dalam dua uji coba terakhir jelang Euro 2024. Polandia mengalahkan Ukraina dan Turki, sedangkan Belanda menumbangkan Kanada dan Islandia.

Polandia menang 3-1 atas Ukraina lewat gol-gol Sebastian Walukiewicz, Piotr Zielinski, dan Taras Romanczuk. Sesudah itu, Polandia menundukkan Turki 2-1 melalui gol-gol Karol Swiderski dan Nicola Zalewski.

Di lain pihak, Belanda menumbangkan Kanada dan Islandia masing-masing dengan skor 4-0. Kemenangan atas Kanada diraih melalui gol-gol Memphis Depay, Jeremie Frimpong, Wout Weghorst, dan Virgil van Dijk.

Weghorst dan van Dijk kembali masing-masing menyumbang satu gol saat melawan Islandia. Dua gol lainnya dicetak oleh Xavi Simons dan Donyell Malen.

Belanda bakal lebih difavoritkan ketika melawan Polandia. Terlebih lagi, Polandia takkan diperkuat striker dan kapten Lewandowski yang cedera. *

Prediksi Starting XI 
Polandia (3-4-1-2): Szczesny; Bednarek, Dawidowicz, Kiwior; Frankowski, Slisz, Piotrowski, Zalewski; Zielinski; Swiderski, Piatek. Pelatih: Michal Probierz.
Belanda (4-2-3-1): Verbruggen; Dumfries, De Ligt, Van Dijk, Ake; Reijnders, Veerman; Simons, Wijnaldum, Gakpo; Depay. Pelatih: Ronald Koeman.


Lima Laga Terakhir
23/09/22 Polandia 0-2 Belanda (UNL)
12/06/22 Belanda 2-2 Polandia (UNL)
19/11/20 Polandia 1-2 Belanda (UNL)
05/09/20 Belanda 1-0 Polandia (UNL)
02/06/16 Polandia 1-2 Belanda (Friendly).

Komentar