nusabali

Makepung Kapolda Cup 2024, Ijo Gading Barat Juara Umum

  • www.nusabali.com-makepung-kapolda-cup-2024-ijo-gading-barat-juara-umum

Dari pertandingan di tiga grup, Ijo Gading Barat berhasil unggul di dua grup, yakni di Grup A dan Grup B. Makepung Kapolda Cup 2024 digelar serangkaian Hari Bhayangkara ke–78.

NEGARA, NusaBali
Menyambut HUT ke–78 Bhayangkara tahun 2024, Polda Bali bersama Polres Jembrana menggelar event Makepung Kapolda Cup di Sirkuit All in One, Desa Pengambengan, Kecamatan Negara, Jembrana, Minggu (16/6). Total ada sebanyak 230 pasang kerbau dari Ijo Gading Barat serta Ijo Gading Timur yang tampil dalam event ini. 

Gelaran Makepung Kapolda Cup ini dibuka oleh Kapolda Bali Irjen Pol Ida Bagus Kade Putra Narendra didampingi Bupati Jembrana I Nengah Tamba dan Kapolres Jembrana AKBP Endang Tri Purwanto. Kegiatan tersebut berhasil menyedot perhatian ratusan masyarakat pecinta makepung.

Dalam sambutannya, Kapolda Irjen Pol Ida Bagus Kade Putra Narendra menyampaikan, dalam rangka memperingati Hari Bhayangkara ke-78 tahun 2024 ini, Polda Bali dan jajaran menyelenggarakan berbagai kegiatan, salah satunya adalah Makepung Kapolda Cup 2024. 

“Selain momentum peringatan Hari Bhayangkara ke-78, pelaksanaan Makepung Kapolda Cup 2024 ini juga sebagai bentuk kecintaan saya sebagai putra daerah terhadap budaya yang satu-satunya ada di Kabupaten Jembrana ini,” ucap Irjen Narendra.

Orang nomor satu di jajaran Polda Bali ini mengatakan, tradisi makepung atau lomba pacu kerbau khas Jembrana ini merupakan tradisi turun temurun yang dilaksanakan masyarakat Jembrana. Makepung juga menjadi suatu destinasi atau spot wisatawan domestik maupun mancanegara dan menjadi andalan Jembrana.

“Ke depannya saya mohon kepada bapak Bupati Jembrana, ketua komunitas makepung, dan seluruh masyarakat Jembrana untuk senantiasa menjaga dan merawat tradisi makepung, berikut sarana dan prasarana yang ada saat ini,” ujarnya.

Bupati Tamba menyatakan apresiasi atas terselenggaranya event makepung untuk memperebutkan piala Kapolda Bali ini. Menurut Bupati Tamba, pelaksanaan event ini akan menambah semangat serta gairah sekaa makepung dalam pelestarian seni budaya asli Jembrana ini.

Sedangkan Koordinator Makepung Kabupaten Jembrana I Made Mara turut mengucapkan terima kasih atas terselenggaranya Makepung Kapolda Cup serangkaian peringatan Hari Bhayangkara ke-78 ini. Dirinya pun berharap event Makepung Kapolda Cup ini bisa rutin diadakan setiap tahun.

“Kami sangat berharap di tahun-tahun berikutnya, juga dalam momentum yang sama agar Makepung Kapolda Cup tetap diselenggarakan. Bahkan dengan gaung yang lebih besar lagi,” kata Mara. 

Juara umum Makepung Kapolda Cup 2024 dimenangkan regu Ijo Gading Barat. Dari pertandingan di tiga grup, Ijo Gading Barat berhasil unggul di dua grup, yakni di Grup A dan Grup B. Pemenang di Grup A dan Grup B berhak atas hadiah uang pembinaan sebesar Rp 10 juta dan Rp 8 juta. Sedangan regu Ijo Gading Timur yang hanya unggul di Grup C, mendapat hadiah uang pembinaan Rp 6 juta. 7 ode

Komentar