nusabali

‘Jajan Bali’ Diantara Daya Pikat Pasar Senggol Batubulan

‘Mengundang Selera’

  • www.nusabali.com-jajan-bali-diantara-daya-pikat-pasar-senggol-batubulan

DENPASAR, NusaBali - Ingin menikmati jajan tradisional Bali di malam hari? Datanglah ke Pasar Senggol Dewi Sri atau lebih sering disebut  Senggol Batubulan, di Desa Adat Dlod Tukad, Desa Batubulan, Gianyar.

Di tempat kuliner itu ada bermacam jajanan tradisional mulai dari laklak, pisang rai, sumping, ongol-ongol, kulek, bubuh sumsum dan lainnya.

Ya, jajan atau kue basar tradisional merupakan salah satu diantara  banyak jenis kuliner yang menjadi daya pikat pasar Senggol  yang menempati eks Terminal Batubulan.

I Made Sujana,56, salah seorang pedagang yang menjual aneka jajan tradisional tersebut. “Tiyang jualan jajan Bali (tradisional) sudah lama, sejak tajun 1996,” ungkap prial  asal Desa Bitera, Gianyar ini, Sabtu (15/6).

Dituturkan,  Sujana jajan tradisional merupakan salah satu jenis kuliner lokal yang banyak dicari. Sebagai gambaran, Sujana menuturkan pengalamannya  sebagai pedagang. “Nggih, lumayan ramai,”  lanjutnya.

Terutama pada hari  libur, akhir  pekan pengunjung Pasar Senggol membeludak.  Dan pedagang kecil seperti Sujana merasakan imbas positifnya. Hal itu karena pembeli tentu bertambah.

Pendapatannya pun meningkat. Dari biasanya sekitar Rp500 ribu pada hari-hari  biasa,  meningkat bisa sampai dapat Rp600 ribu.

”Lumayanlah…,” ujarnya ketika ditanya berapa keuntungannya.  Yang jelas  kata Sujana, pendapatan dari jualan jajan tradisional sangat membantu perekonomian  keluarganya.  

Walau untuk itu, dia dan keluarganya mesti kerja keras, mulai dari membuat dan mempersiapkan dagangannya. Kemudian  tentu harus rela  bergadang setiap malam. Paling tidak sampai dengan pukul 22.00 wita sejak mulai buka pukul 17.00 wita.

“Selalu tiap hari tiyang jualan. Hampir tak pernah libur,”  kata Sujana. Dia mengiyakan, kalau ingin menikmati jajan Bali pada malam hari bisa datang ke Pasar Senggol Dewi Sri, di eks Terminal Batubulan, Sukawati, Gianyar.”Hampir semua kalangan suka dengan jajan Bali,” tambahnya.  K17.

Komentar