nusabali

Bandara Tambah Rute Penerbangan ke Canberra

  • www.nusabali.com-bandara-tambah-rute-penerbangan-ke-canberra

Dengan bertambahnya rute penerbangan menuju Canberra, Bandara Ngurah Rai kini melayani sembilan rute penerbangan menuju Australia.

MANGUPURA, NusaBali - Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai terus memperluas jangkauan penerbangannya dengan menambah rute internasional baru. Batik Air resmi memulai operasional penerbangan rute Canberra-Denpasar pada Jumat (14/6) lalu. Dengan penambahan ini, Bandara yang berlokasi di Kelurahan Tuban, Kecamatan Kuta, Badung itu kini melayani 9 rute penerbangan langsung menuju berbagai kota di Australia.

General Manager Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai Handy Heryudhitiawan, menyambut baik penambahan rute ini. Dikatakan, saat ini Australia menjadi negara dengan jumlah kedatangan WNA tertinggi di Bandara Ngurah Rai.

“Berdasarkan data Kantor Imigrasi Kelas I Khusus TPI Ngurah Rai, hingga Mei, terdapat 454.272 warga Australia yang berkunjung ke Bali. Kami optimis penambahan rute Canberra-Denpasar akan semakin meningkatkan konektivitas Bali dengan Australia,” harapnya pada keterangan pers yang diterima Minggu (17/) sore.dy menjelaskan, penerbangan perdana Batik Air dengan nomor penerbangan ID-6014 menggunakan pesawat Airbus A320 tiba dari Canberra di Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai pada pukul 13.36 Wita, mengangkut 124 penumpang. Pesawat tersebut dijadwalkan kembali ke Canberra dengan nomor penerbangan ID-6015 pada Sabtu, 15 Juni pukul 22.10 Wita. Rute ini akan dilayani tiga kali dalam seminggu.

Dengan bertambahnya rute menuju Canberra, Bandara Ngurah Rai kini melayani 9 rute penerbangan langsung menuju Australia, yaitu ke kota-kota Canberra, Sydney, Perth, Cairns, GoldCoast, Brisbane, Melbourne, Adelaide, dan Darwin. Kesembilan rute ini dilayani oleh 8 maskapai penerbangan, memperkuat konektivitas antara Bali dan Australia. Terbukanya konektivitas Pulau Dewata menuju Canberra diharapkan membawa dampak positif bagi sektor pariwisata Bali.

“Ke depan, kami harap akan terdapat penambahan rute internasional baru di tahun 2024 ini. Kami masih terus berkoordinasi secara intensif dengan stakeholder terkait demi mewujudkan hal tersebut,” harapnya.

Sebagai informasi tambahan, sepanjang 2024 hingga bulan Mei, Bandara Ngurah Rai telah melayani 9.183.764 penumpang dan mencatat 56.627 pergerakan pesawat. Dengan beroperasinya rute Canberra, saat ini Bandara I Gusti Ngurah Rai melayani total 35 rute internasional dengan 38 maskapai, serta 21 rute domestik yang dilayani oleh 11 maskapai. 7 ol3

Komentar